• FYI

    04 Januari 2024

    Biayai Sendiri dengan Dana Hasil Patungan, Warga Kampung Ambulu Pamarican Lakukan Gotong Royong Pengerasan Jalan


    Menjelang berakhirnya tahun 2023, warga Kampung Ambulu yang terletak di Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, berinisiatif melakukan pengerasan jalan secara gotong-royong dan menggunakan pembiayaan mandiri.

    Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu (24-25 Desember 2023) yang lalu, diikuti oleh sekitar 40 orang yang berasal dari warga Kampung Ambulu, jamaah Majelis Dzikir Ratib Al-Athos Saung Geger Bentang, dan sebagian masyarakat Dusun Pagadungan dan Dusun Nagrak.

    Diketahui, Kampung Ambulu adalah pemukiman unik yang berisi hanya 15 KK, dan merupakan lokasi penyelenggaraan pengajian Majelis Dzikir Ratib Al-Athos Saung Geger Bentang yang berdiri sejak tahun 2006 dan dipimpin oleh Ustaz Karso Hermawan.

    Sebagai informasi, dzikir Ratib Al-Athos adalah kumpulan dzikir yang bersumber dari Al-Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Tokoh yang menyusun kumpulan dzikir ini, menurut laman resmi NU Online, adalah Al-Habib Umar bin Abdurrahman Al-Atthas, sehingga kini disebut dengan Ratib Al-Athos.

    Kampung Ambulu, lokasi pengajian dzikir Ratib Al-Athos ini, berbatasan dengan Dusun Pagadungan, Desa Cigayam, dan Dusun Nagrak, Desa Karyamukti, keduanya termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.

    Sebagian masyarakat dari kedua kampung tersebut sudah terbiasa menggunakan akses jalan melalui Kampung Ambulu, sehingga secara sukarela turut terlibat dalam kerja bakti gotong-royong pengerasan jalan.

    Dana yang digunakan untuk membeli material yang digunakan material pengerasan jalan, baik pasir, semen dan lainnya, berasal dari hasil patungan masyarakat setempat. Sementara itu, tenaga kerja yang terlibat sepenuhnya berasal dari warga setempat dan jamaah majelis pengajian.

    Diharapkan, dengan pengerasan jalan ini maka akses transportasi menuju Kampung Ambulu menjadi lebih baik. Selain itu, keberadaan jalan yang lebih baik akan memberi manfaat yang lebih besar bagi masyarakat pengguna jalan selama ini.

    Kontributor: @majelis_ambulu
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi