• FYI

    01 Januari 2024

    Disambar Petir Saat Gerimis, Tembok Rumah Warga Purwaraja Retak dan Barang-barang Elektronik Rusak


    Perubahan musim sudah lama menjadi perhatian banyak pihak, agar menjadi bahan kewaspadaan masyarakat, sebab terkadang disertai fenomena cuaca yang tidak biasa. Tak hanya fluktuasi suhu lingkungan yang dapat menjadi potensi permasalahan tersendiri bagi tubuh manusia, beberapa kejadian menjadi musibah bagi warga, di antaranya angin kencang, hujan berintensitas tinggi, dan sambaran petir.

    Peristiwa sambaran petir terjadi pada rumah milik Lia, warga Dusun Ciburuy, Desa Purwaraja, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, pada hari Sabtu (30/12/2023) pukul 12.34 WIB. Beruntung, tidak terdapat korban jiwa atau luka akibat sambaran petir tersebut.

    Namun, akibat kejadian ini pemilik rumah mengalami kerugian material karena terdapat keretakan di dinding rumah, dan barang-barang elektronik yang rusak. Tak hanya magic com dan televisi yang rusak, terlihat keramik pecah, bagian dinding tembok gosong, dan kaca pecah.


    Sambaran petir yang terjadi pada saat hujan gerimis tersebut ditandai dengan suara ledakan keras. Warga menduga sambaran tersebut tidak langsung mengenai bangunan rumah.

    “Petir menyambar ke pohon dekat rumah, lalu merambat ke barang elektrotik di dalam rumah,” tutur Fadil, salah seorang warga setempat.

    Kejadian sambaran petir pernah terjadi sebelumnya di lokasi sekitar. Karenanya, warga diimbau untuk lebih waspada jika sedang terjadi gejala alam yang tidak biasa.

    Pencegahan untuk menghindarkan kerusakan barang-barang elektronik oleh sambaran petir dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya pemasangan penangkal petir, penggunaan surge arrester untuk melindungi jaringan listrik dari arus tidak wajar, mencabut semua steker listrik ketika terjadi hujan yang disertai petir, penggunaan stop kontak khusus pencegah tegangan berlebih, dan pemangkasan pohon tinggi di dekat rumah.

    Kontributor: @adefadil123
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi