• FYI

    05 Maret 2024

    Mantap! Ciamis Jadi Kabupaten Pertama di Jawa Barat yang Sukses Raih Adipura Kencana


    Kabupaten Ciamis berhasil meraih anugerah Adipura Kencana untuk pertama kalinya, setelah termasuk ke dalam 5 kabupaten/kota yang diumumkan meraih penghargaan prestisius ini untuk periode tahun 2023.

    Terdapat 5 nama kabupaten/kota yang berhasil meraih Adipura Kencana 2023, yakni Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, Kota Bitung, dan Kabupaten Ciamis. Penghargaan diterima oleh Kabupaten Ciamis pada kategori Kota Kecil.

    Adipura Kencana diperoleh Kabupaten Ciamis dan penerima lainnya sebagai penghargaan tertinggi bagi kabupaten/kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan.

    Pengumuman nama-nama peraih Penghargaan Adipura Kencana 2023 tersebut disampaikan langsung oleh Menteri KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Dr. Siti Nurbaya Bakar pada hari Selasa (5/3/2024) di Jakarta, dan disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Kementerian LHK.

    Selain menjadi catatan sejarah baru dengan meraih Adipura Kencana untuk pertama kalinya, Kabupaten Ciamis juga menjadi kabupaten pertama dari Provinsi Jawa Barat yang mampu meraih penghargaan bergengsi dari KLHK tersebut.

    Penyerahan penghargaan Adipura Kencana 2023 dilakukan secara langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan diterima oleh Bupati Ciamis Dr. Herdiat Sunarya, dengan disaksikan oleh Menteri KLHK.

    Arak-arakan Penyambutan Adipura Kencana

    Keberhasilan Kabupaten Ciamis dalam meraih penghargaan Adipura Kencana disambut gembira oleh jajaran pemerintahan maupun warga masyarakat setempat. Segera setelah pengumuman dan penyerahan penghargaan dilaksanakan, berita mengenai prestasi terbaru tersebut segera menyebar melalui berbagai media.

    Keesokan harinya, Rabu (6/3/2024), Pemkab Ciamis dan dinas/instansi terkait mengadakan arak-arakan penyambutan piala Adipura Kencana, yang dipimpin secara langsung oleh Bupati Ciamis Dr. Herdiat Sunarya.

    Bupati dalam sambutannya kembali menegaskan bahwa keberhasilan Kabupaten Ciamis dalam meraih Adipura Kencana, tak bisa lepas dari dukungan serta kerja keras dari semua pihak. Diketahui, sebelumnya Kabupaten Ciamis juga sudah meraih penghargaan Adipura sebanyak 10 kali.

    Konvoi kendaraan yang membawa piala Adipura Kencana tersebut disambut masyarakat di sepanjang rute jalan yang dilalui, yang terdiri atas para pelajar, pegawai dinas/instansi, dan masyarakat umum.

    Sebagai bagian dari apresiasi atas dukungan dinas/instansi terkait, terutama para pejuang garis depan dalam pengelolaan kebersihan lingkungan, Bupati Ciamis dan jajaran menyempatkan diri bersilaturahmi dan berfoto bersama dengan ‘pasukan ungu’, yakni para petugas kebersihan dari DPRKPLH Kabupaten Ciamis.

    Source: Diskominfo Ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi