• FYI

    27 Mei 2024

    Harapan Warga Pamarican Jadi Kenyataan, Jalan Hotmix Sukajadi-Kertahayu Menuju Penyelesaian


    Penantian warga beberapa desa di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, untuk perbaikan infrastruktur jalan di wilayah mereka, akhirnya terjawab sudah. Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Bidang Bina Marga DPUPRP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan) telah melaksanakan pengaspalan ruas jalan Sukajadi-Kertahayu, Kecamatan Pamarican.

    Proyek ini menurut laman LPSE mendapat pagu anggaran sebesar Rp10,5 milyar melalui APBD Kabupaten Ciamis tahun 2024. Pengerjaan proyek berkategori konstruksi ini direncanakan akan memakan waktu selama 120 hari, dimulai 4 Maret 2024 yang lalu.

    Pengerjaan pengaspalan jalan hotmix di ruas jalan yang sangat vital bagi masyarakat setempat ini telah berhasil mengubah penampakan jalur transportasi darat yang selama ini terlihat rusak dan memprihatinkan. Warga setempat sudah menyuarakan aspirasi tentang perbaikan jalan ini selama beberapa tahun terakhir, hingga akhirnya terwujud menjadi kenyataan.

    Kondisi sebelum pengaspalan

    Setidaknya ada 4 desa di wilayah Kecamatan Pamarican yang warganya akan menikmati langsung mulusnya jalur transportasi ini ke depannya, yakni Desa Sukamukti, Desa Sukajadi, Desa Sidaharja, dan Desa Kertahayu.

    “Pengerjaannya kini sudah mencapai 70-75%, direncanakan pertengahan bulan besok (Juni 2024) 100%-nya,” tutur sumber CIAMIS.info di pihak pelaksana proyek.

    Proyek pengaspalan jalan Sukajadi-Kertahayu terdiri atas 2 segmen, yakni Segmen 1 sepanjang 3.250 meter dan Segmen 2 sepanjang 2.515 meter. Pekerjaan yang dilaksanakan juga mencakup pambuatan drainase yang berada di kawasan permukiman warga sepanjang lebih kurang 75 meter, bahu beton, dan pembuatan TPT (tembok penahan tanah).

    “Untuk segmen 1 sepanjang 3.250 meter pengaspalan dilakukan sebanyak 2 lapis hotmix, dan masih ada pekerjaan bahu beton dan pekerjaan lainnya. Saat ini pengaspalan baru 1 lapis,” tutur sumber yang sama, Minggu (26/5/2024).

    Meski belum selesai 100%, proyek pengaspalan ruas jalan yang sangat penting bagi warga setempat ini sudah berhasil menyulap penampilannya. Visual lokasi tersebut tampak menjadi rapi dan bersih serta enak dilihat. Yang lebih penting lagi, manfaat dari peningkatan kualitas jalan ini diharapkan akan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

    Kontributor: @asep.eboed
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi