• FYI

    28 Mei 2024

    Bikin Bangga Tatar Galuh Ciamis, Pesepak Bola Muda M. Farhan Sopiulloh Dipanggil Masuk Timnas Indonesia U20


    Potensi Kabupaten Ciamis sebagai wilayah penghasil atlet berprestasi tak perlu diragukan lagi, tak kalah dari wilayah-wilayah lainnya di Tanah Air. Terlebih, jika calon-calon bibit unggul yang berasal dari Tatar Galuh tersebut mendapat akses pembinaan dan pelatihan yang tepat, mendapat dukungan yang mumpuni, serta berada pada lingkungan yang ideal untuk pengembangan karirnya.

    Rilis Timnas Indonesia yang bertajuk "Pemanggilan Timnas U-20" pada tanggal 28 April 2024 mengenai perekrutan 37 pemain untuk memperkuat skuad Garuda Muda atau Timnas Indonesia U20, menjadi kabar gembira bagi insan sepak bola Tatar Galuh. Pengumuman daftar pemain yang berasal dari berbagai klub ini memuat satu nama atlet sepak bola berbakat yang merupakan putra asli kelahiran Ciamis.

    Muhammad Farhan Sopiulloh (19) terpilih menjadi salah satu pemain yang akan memperkuat Timnas U20 untuk berlaga pada Piala AFF U19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U20 2025. Pemain kelahiran tahun 2005 yang berasal dari Desa Kujang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, ini berada pada posisi bek. Ia direkrut dari klub asal tempatnya bernaung selama ini, Persija Jakarta.

    Farhan memang bergabung dengan Persija sejak tahun 2021. Masuknya Farhan ke klub tersebut merupakan bagian dari pengembangan diri dan perjalanannya untuk meniti karir menjadi atlet sepakbola profesional. Alumni SMPN 2 Ciamis dan SMAN 1 Ciamis ini sejak belia sudah menekuni olahraga sepakbola secara serius dan intens dengan bergabung bersama SSB (Sekolah Sepak Bola) Buldozer Ciamis.


    Perjalanan Farhan mengikuti berbagai event sepak bola membawanya pada kesempatan emas bergabung bersama Persija Jakarta. Peluang tersebut tidak datang serta merta, melainkan hasil dari proses dan tahapan-tahapan pembinaan yang berkelanjutan. Untuk dapat bergabung dengan klub bergengsi, seorang pemain muda harus memiliki bakat dan kemampuan yang menjanjikan di mata para pencari bakat.

    Sayangnya, info mengenai keberhasilan Farhan bergabung dengan Timnas U20 seakan tenggelam di dalam hiruk pikuk pemberitaan lokal, bahkan hampir tidak ditemukan. Padahal, bergabungnya Farhan merupakan kabar menggembirakan bagi para pegiat dan pemerhati sepakbola di Kabupaten Ciamis.

    Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para calon bibit atlet sepak bola di Tatar Galuh. Tidak ada yang mustahil jika bekerja keras dalam mewujudkannya, dan mengambil jalur yang tepat saat memperjuangkannya.

    Kontributor: @tristanrentcar
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi