• Cekidot

    02 April 2019

    Dies Natalis ke-12, Gamapala Unigal Gelar Penghijauan di Sadewata


    Keterlibatan generasi muda Ciamis dalam pelestarian lingkungan hidup merupakan sebuah keniscayaan. Geliat pembangunan dan maraknya aktivitas alam bebas anak muda di wilayah Tatar Galuh, selain membawa efek positif bagi peningkatan laju perekonomian, di sisi lain juga menyimpan potensi bertambahnya kerusakan alam.

    Fenomena kerusakan lingkungan akan bertambah parah dan memprihatinkan jika tidak dikelola dengan bijak. Penggundulan hutan dan berkurangnya daerah resapan air pada gilirannya mengancam kehidupan manusia di kawasan pemukiman.


    Perhimpunan mahasiswa pecinta alam Gamapala Unigal, bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon pada hari Minggu, 31 Maret 2019, pukul 09.00 hingga 13.00 WIB, bertempat di Blok Pangangonan, Desa Sadewata, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis.

    Kegiatan penghijauan merupakan upaya penanaman kembali pohon di lahan yang gundul, tanah bekas penebangan atau wilayah yang tandus. Usaha ini diharapkan dapat mengembalikan ekosistem lingkungan, menyediakan habitat hidup rantai ekologis, memperbaiki fungsi penyerapan air, pengurangan polusi dan debu, serta dapat memberi manfaat produktif.

    Jenis pohon yang ditanam para peserta reboisasi, sesuai keterangan panitia pelaksana dari Gamapala Unigal, meliputi pala, jambu air, durian, aren, jati, jengkol, petai, afrika, dan sobsis.

    “Kegiatan ini merupakan bagian dari edukasi masyarakat untuk mencintai alam dan lingkungan,” jelas Mardiman, mewakili panitia, kepada CIAMIS.info.


    Turut hadir di dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor 3 Universitas Galuh Ciamis, Dr. Ida Parida SH., MH., Kepala Desa Sadewata, ketua kelompok tani setempat, perwakilan Perum Perhutani, Dinas Kehutanan, anggota sispala (siswa pecinta alam) dan Gamapala. Jumlah peserta kegiatan tersebut tercatat 93 orang.

    Reboisasi ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan dies natalis Gamapala yang ke-12. Kegiatan lain yang digelar Gamapala di antaranya adalah seminar lingkungan yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 April 2019. Seminar tersebut akan membahas masalah pengelolahan sampah.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi