• Cekidot

    09 Juni 2019

    Pemuda Awirarangan Gelar Bakti Sosial dan Panjat Pinang


    Suasana Lebaran tahun 2019 membawa kebahagiaan bagi semua orang, terutama kaum muslimin yang merayakannya. Tak terkecuali bagi para pemuda di lingkungan RW 04 Awirarangan, Desa Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

    Tetapi, alih-alih merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H dengan piknik ke lokasi wisata, yang pastinya memerlukan tambahan biaya dan mungkin berarti bermacet-macet ria di jalanan, mereka lebih memilih mengadakan kegiatan sosial dan ajang hiburan tradisional di kampung halaman. Inisiatif tersebut bermakna sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih, sekaligus berbagi kebahagiaan dengan tetangga yang membutuhkan uluran tangan serta perhatian.


    Nanang, ketua pemuda setempat, didapuk memimpin persiapan segala sesuatunya untuk pelaksanaan acara. Beruntung, dukungan kuat dari Ketua RW 04 Kenar, para ketua RT 01 sampai 03, serta dari pemuda dan masyarakat, membuat pelaksanaannya berlangsung relatif lancar. Kegiatan pun berlangsung pada hari Minggu (9/6/2019) mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

    Di luar waktu liburan hari raya, banyak di antara para pemuda RW 04 Awirarangan merupakan perantau yang bekerja di luar wilayah Ciamis. Kesempatan berkumpul di kampung merupakan saat yang istimewa dan dirasa selayaknya dimanfaatkan dalam bentuk aksi nyata berbagi dengan sesama.

    Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk santunan untuk anak yatim dan dhuafa, serta panjat pinang untuk warga setempat. Hiburan tradisional yang dalam bahasa Sunda disebut 'naék jambé' ini mampu menghadirkan keceriaan di antara para peserta dan warga yang menontonnya.

    Sanyon, salah seorang penggerak pemuda setempat, menuturkan kepada CIAMIS.info, para pemuda memilih tinggal di kampung saja. "Mumpung pada pulang, bisa berkumpul, kita gerakkan pemuda untuk kegiatan yang lebih positif bagi masyarakat," terangnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi