• FYI

    06 September 2019

    Didatangi Petugas Sensus BPS, Nenek Ini Menangis Terharu


    Survei Sosial Ekonomi Nasional Modul Konsumsi dan Perumahan (SUSENAS MKP) merupakan salah satu kegiatan rutin tiap semester yang diselenggarakan oleh BPS Kabupaten Ciamis. Pelaksanaan kegiatan tersebut menggunakan proses pencarian data lewat wawancara terhadap responden tersampel. Para petugas BPS yang melakukan survei mendatangi langsung responden, bertatap muka dan berdialog untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan.

    Banyak hal yang ditemui para petugas di lapangan, suka dan dukanya sudah merupakan risiko pekerjaan. Namun demikian, selalu ada hikmah dan pelajaran yang membuat para petugas menemukan kebahagiaan tersendiri sebagai bagian dari ujung tombak kesuksesan program.

    Sebut saja apa yang dialami pencacah Mila R. Bachtiar yang didampingi pengawas Uus Ruhimat dan diabadikan oleh Firman Hudaya, saat melakukan kunjungan ke wilayah Kecamatan Cimaragas pada hari Selasa (3 September 2019) yang lalu. Penghuni rumah yang didatangi adalah Ibu Mimin, seorang lansia yang ramah menjawab pertanyaan-pertanyaan petugas. Kondisi nenek yang bersahaja dan apa adanya tersebut menggugah rasa haru.


    Ibu Mimin di usianya yang sudah sepuh seolah sudah tak memiliki banyak keinginan lagi, bahkan untuk makan sehari-hari saja mengaku cukup memasak nasi dan dikirimi lauk oleh anaknya.

    "Lauk satu macam saja sudah cukup buat saya," tutur nenek tersebut polos.

    Mengumpulkan data dengan wawancara memang menghadirkan sisi humanis dalam interaksi petugas dan masyarakat, bahkan sekaligus menjalin ukhuwah melalui tegur sapa yang dilakukan. Tanpa interaksi yang tulus dan hangat, sulit mendapatkan sambutan yang diharapkan.

    "Ada kebahagiaan dan kesedihan ketika bertemu dengan sesama makhluk-Nya. Karena siapapun kita adalah sama di hadapan Rabb kita,” tutur akun BPS Kabupaten Ciamis dalam postingannya.

    Nenek Mimin, responden yang didatangi petugas siang itu, ternyata selama beberapa tahun ini tidak memiliki jam dinding. Ketika petugas memberikan souvenir berupa sebuah jam dinding, sebagai tanda ucapan terima kasih telah membantu BPS melalui pengumpulan data, ada sedih dan bahagia yang hadir bersamaan. Nenek tersebut tak kuasa menyembunyikan perasaannya, membuat para petugas ikut terharu.

    BPS Kabupaten Ciamis mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat yang telah membantu petugas dalam proses pengumpulan data. Kontribusi ini, dikatakan BPS Ciamis, merupakan wujud keikutsertaan warga dalam membantu negara untuk terus menjadi lebih baik.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi