• FYI

    17 November 2019

    Pesona Dusun Desakaler, Warna-warni Kampung Legenda


    Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR, mulai menampakkan hasil nyata di Dusun Desakaler, Desa Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis.

    Program yang mulai disosialisasikan pada tahun 2016 tersebut, dilansir laman Kementerian PUPR, bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman, serta mendukung perwujudan permukiman yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan.

    Dusun Desakaler, Desa Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih, merupakan salah satu penerima program Kotaku di wilayah Kabupaten Ciamis. Program yang dibiayai bantuan luar negeri dan melibatkan anggaran domestik serta swadaya masyarakat tersebut memperlihatkan hasil dalam wujud penataan lingkungan yang lebih baik.


    Secara kasat mata, terlihat perbaikan sarana jalan/gang di pemukiman, ketersediaan sarana kebersihan berupa MCK umum dan pemeliharaan aliran air sungai menjadi jernih, bahkan ditanami ikan, sehingga menjadi hiburan tersendiri.

    Salah satu hal yang cukup menarik adalah berdirinya poskamling unik yang terletak di RT 07/08 RW 04. Poskamling yang dijuluki 'Pos Utama' tersebut memiliki bentuk menarik dan berada di ketinggian, sehingga tampak seperti gardu pantau untuk pengawasan lingkungan.

    Bangunan yang menarik tersebut cukup potensial menjadi lokasi baru ajang berfoto kaum milenial. Apalagi lingkungan Dusin Desakaler kini juga memiliki akses jalan yang memadai, bahkan dilengkapi dengan kolam berbentuk 'love' serta dinding grafiti yang berwarna-warni.


    Dusun Desakaler Gunungcupu bahkan kini punya julukan 'Kampung Legenda', kepanjangan dari Lestari, Genah, Endah dan Tatar Sunda. Bukan asal-asalan, nama tersebut mengusung harapan dan semangat warga setempat.

    Kini, program Kotaku yang tak terlepas dari peran besar BKM PWD Desa Gunungcupu mulai terlihat hasilnya. Selanjutnya adalah pemeliharaan dan pengembangan yang akan sangat tergantung pada kepedulian dan tekad warga setempat.


    Bukan tidak mungkin lokasi ini akan mulai didatangi milenial pencari suasana baru. Jika diantisipasi secara tepat oleh pihak pemerintah dan warga, kehadiran pelancong lokal akan mendatangkan manfaat di kemudian hari. Apalagi kalangan milenial sangat gemar menyambangi kawasan unik seperti ini.

    Sudah pernah main ke Desakaler Gunungcupu, lur? Mampirlah ke Desakaler yang berwarna-warni ini. Jangan lupa jajan di warung warga dan jalin silaturahmi untuk berbagi kebaikan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi