• FYI

    15 November 2019

    Ayo, Selamatkan Ciamis Kita dari Sampah!

    Oleh: Tazkiyatun Nafsiah


    Beberapa teman yang berasal dari kota lain selalu terkagum-kagum ketika mengunjungi Ciamis. Ciamis MANIS (Menawan, Asri, Nyaman, Indah, Sehat). Begitulah slogan Ciamis yang eksis di masa kecilku dulu.
    ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
    Bahkan tak jarang mereka secara spontan berkata ingin menetap di Ciamis. Mereka jatuh hati dengan segala keindahan Ciamis yang masih alami. Jelaslah, mereka sudah jarang menemukannya di kota-kota tempat mereka tinggal.


    Miris sekali. Itu dulu, saat semua orang masih sadar untuk menjaga kelestarian alam & peduli lingkungan sekitar. Sekarang? Lihatlah... Ini yang kutemukan di sekitar rumahku. Jumsih kali ini disponsori berbagai macam sampah sisa luapan air kemarin. Yang membawa serta lumpur dan aroma-aroma yang tak sedap.
    ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
    Apa masih mau seperti ini? Merusak tempat tinggal kita sekaligus tempat kita dilahirkan? Mau sampai kapan?

    ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
    Ini Ciamis loh. Kota kecil di wilayah Priangan Timur. Bukan kota-kota besar dimana gedung-gedung pencakar langit berjejeran dan pusatnya gaya hidup yang serba modern. Ke mana kearifan lokal yang selama ini kita punya? Kalau bukan kita yang menjaga & menyelamatkan tempat tinggal kita sendiri, lantas siapa lagi?
    ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
    Kontributor: Tazkiyatun Nafsiah, seorang ibu rumah tangga, penulis lepas, dapat dijumpai di instagram @tazki_.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi