• FYI

    22 Januari 2020

    Angin Kencang Landa Dusun Puhun Sagalaherang


    Musibah angin kencang kembali terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis. Kali ini, fenomena alam tersebut melanda lingkungan masyarakat Dusun Puhun, Desa Sagalaherang, Kecamatan Panawangan.

    Kejadian angin kencang berlangsung pada hari Senin (20/1/2020), sekitar pukul 17.00 WIB lebih dan terjadi amat tiba-tiba sehingga sangat mengagetkan masyarakat. Terlebih, pada saat itu tidak disertai hujan.

    Musibah tersebut menyebabkan sebuah pohon tumbang dan menimpa rumah keluarga Uyu Saepul, warga setempat. Terdapat pula sebuah gudang kecil yang terkena dampak hembusan angin. Beruntung, tidak terdapat korban manusia, hanya kerusakan kecil pada material saja.

    “Angin kencangnya kira-kira pukul lima sore lebih, cuma sebentar, tidak sampai lima menit,” tutur Mira, keluarga pemilik rumah yang terkena pohon roboh. Kepada CIAMIS.info, ia mengaku masih panik atas kejadian tersebut.


    Selepas kejadian, aparat pemantauan desa sudah langsung hadir dan melakukan peninjauan atas dampak musibah tersebut. Sementara itu, warga masyarakat mulai melakukan pembersihan atas akibat musibah tersebut.

    Kejadian ini merupakan yang kesekian kalinya menimpa wilayah Ciamis, terkait fenomena angin kencang. Sebelumnya kejadian yang lebih parah menimpa kawasan Tambaksari dan Rancah dan merusak banyak rumah di wilayah tersebut.

    Masayarakat Ciamis diharapkan pemerintah agar selalu siap siaga dalam menghadapi kejadian bencana alam, terutama di kawasan yang rawan bencana. Edukasi yang terus menerus diharapkan akan menumbuhkan kesadaran tanggap bencana, untuk mengurangi dampak yang terlalu parah pada saat musibah menimpa.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi