• FYI

    10 Januari 2020

    Ini yang Disampaikan Umma Oki Setiana Dewi di Masjid Baitul Huda Rajadesa


    Kehadiran Oki Setiana Dewi, artis peran yang melambung namanya lewat film “Ketika Cinta Bertasbih” dan kini banyak terjun dalam kegiatan keislaman, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Ciamis, khususnya kaum muslimah di kawasan Kecamatan Rajadesa dan sekitarnya.

    Hal tersebut tercermin saat Umma Oki, demikian panggilan akrabnya, mengisi kegiatan Safari Dakwah di Masjid Besar Baitul Huda Rajadesa, Selasa (7/1/2020) lalu. Lebih dari 600-an jamaah yang didominasi muslimah muda tampak memenuhi masjid, bahkan hingga meluber ke luar ruangan, ketika acara digelar dari sekitar pukul 12.30 WIB hingga pukul 15.10 WIB.

    Kegiatan Safari Dakwah ini merupakan hasil kerjasama Garis Depan Event Organizer dengan Mewah Project Tasikmalaya, yang didukung oleh BKMM Kecamatan Rajadesa dan DKM Masjid Baitul Huda Rajadesa Ciamis.

    Tak hanya karena popularitasnya ─Umma Oki adalah seorang aktris, penulis, desainer dan sekaligus pebisnis, tema ceramah yang dibawakannya pun turut menjadi magnet tersendiri bagi para muslimah muda Ciamis, yakni "Menjadi Keluarga Sakinah Sampai Jannah". Materi tersebut menjadi bagian pembekalan kaum ‘akhawat’ untuk kelak membangun rumah tangga yang islami.


    Umma Oki, kelahiran Batam, 13 Januari 1989, mengungkapkan bahwa upaya menciptakan keluarga islami harus ditempuh dengan cara mengarahkan semua anggota keluarga agar dekat dan mencintai Alquran. Ia menyebutkan, terdapat 5 hal yang harus dilakukan terhadap Alquran, yaitu:

    1. Membaca Alquran
    2. Mentadaburi/menerjemahkan Alquran
    3. Menghafal Alquran
    4. Mengamalkan isi dari Alquran
    5. Mengajarkan Alquran

    Kandidat doktor Program Studi S3 Pengkajian Islam dengan konsentrasi pada Pendidikan Islam di UIN Jakarta ini mengajak hadirin untuk jangan lupa selalu berinteraksi dengan Alquran setiap hari.


    Selain itu, alumnus S1 Sastra Belanda UI dan S2 PAUD UNJ tersebut mengungkapkan, sebagai bekal untuk menjadikan rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah, serta penuh cinta dan ketenangan, maka seorang muslimah memiliki 5 peran, yakni:

    1. Muslimah sebagai hamba Allah
    2. Muslimah sebagai seorang anak
    3. Muslimah sebagau seorang istri
    4. Muslimah sebagai seorang ibu
    5. Muslimah sebagai anggota masyarakat

    Untuk menjalankan 5 peran itu dengan mudah, Umma Oki mengajak untuk memulai dari diri sendiri. Setiap muslimah harus mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperbaiki salat, serta mendoakan orang-orang tersayang untuk dapat dekat dengan-Nya.

    Setelah menempuh semua hal tersebut dengan baik, “Insya Allah, hidup akan tenang dan barokah,” tutur Umma Oki.

    Kontributor: Fadia Aqilla SR (@fadia_asrahayu)
    Editor: @ciamis.info


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi