• FYI

    18 Januari 2020

    Mahasiswa KKN UPI Dirikan Saung Baca di Hujungtiwu


    Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan yang dicanangkan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Model KKN yang tengah digencarkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPI saat ini adalah KKN Tematik Citarum Harum Multihelix dan Pemberdayaan Mayarakat Berbasis Pendidikan (PMBP). PMBP sendiri merupakan program yang dipilih UPI sebagai program pengabdian yang diusahakan untuk memberdayakan masyarakat melalui pendidikan, baik melalui pendidikan formal, informal maupun nonformal.

    Tepat pada tanggal 26 Desember 2019, Kampus Universitas Pendidikan Indonesia memberangkatkan sebanyak 24 mahasiswa yang ditugaskan untuk melaksanakan kegiatan KKN di Dusun Pasirsugih, Desa Hujungtiwu, Kecamatan Panjalu, Kota Ciamis. Tema yang diangkat dalam kegiatan KKN di Dusun tersebut adalah “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan (PMBP)”.

    Sebanyak 24 orang mahasiswa UPI tersebut terbagi ke dalam dua kelompok besar yang masing-masing beranggota 12 orang. Tujuan utama dari kegiatan KKN ini adalah untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan kepada masyarakat serta memotivasi generasi muda di Dusun Pasirsugih untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


    Salah satu program edukasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik PMBP UPI adalah Program Saung Baca. Program ini berpotensi meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan di Dusun Pasirsugih dan tidak hanya diisi sebatas membaca saja, melainkan ada beberapa program turunannya, yaitu Bimbingan Belajar Sawala, Art Coaching, dan Pelatihan Tutor.

    Warga Dusun Pasirsugih, Yuli, mengatakan “Saya sangat mengapresiasi dengan adanya program saung baca ini. Semoga dengan adanya Saung Baca bisa meningkatkan minat baca masyarakat terutama pada anak-anak, karena anak-anak akan menjadi generasi penerus. Besar harapan saya dengan meningkatnya minat baca maka meningkat pula kualitas masyarakat yang ada di desa ini. Buku merupakan jendela dunia dan kuncinya adalah membaca.”


    Sementara itu Kepala Dusun Pasirsugih, Nursholehudin menyambut baik program mahasiswa KKN Tematik PMBP UPI tersebut. Senin (06/01/2020) Saung Baca resmi dibuka, serta dilanjutkan dengan penyerahan buku-buku bacaan dari Mahasiswa KKN Tematik PMBP UPI kepada Kepala Dusun Pasirsugih sebagai penanggung jawab Saung Baca. Saat ini dan seterusnya, Saung Baca diharapkan dapat menjadi tempat edukatif dan menyenangkan bagi masyarakat Dusun Pasirsugih.

    Kontributor: Isma
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi