• FYI

    01 Juni 2022

    Buper Bukit Baros Panjalu, Camping Ground Istimewa dengan Pemandangan Lembah dan Night View nan Indah


    Buper Bukit Baros Panjalu adalah lokasi berkemah yang tak boleh dilewatkan oleh para pecinta aktivitas alam bebas yang berkunjung ke kawasan Ciamis utara. Kawasan ini dikenal memiliki cukup banyak destinasi wisata alam yang indah dan dapat dijadikan tujuan refreshing di akhir pekan. Berbagai tempat yang sudah cukup dikenal, di antaranya Situ Lengkong, Curug Tujuh, dan Pinus Jahim Sukamantri.

    Kini, selain menyegarkan badan dan pikiran dengan mengunjungi lokasi-lokasi tersebut, para pecandu hangout di alam bebas dapat pula menghabiskan waktu dengan berkemah, sekaligus bermalam, di Bumi Perkemahan (buper) atau Camping Ground Bukit Baros Panjalu.

    Lokasi Buper Bukit Baros Panjalu dapat ditempuh sekitar satu jam dari pusat kota Ciamis dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Rute yang diambil, yakni jalur Ciamis-Kawali, lalu Kawali-Panjalu, dan berbelok di Jl. Baros. Panduan menggunakan Google Maps dapat memakai kata kunci ‘Bumi Perkemahan Bukit Baros’. Akses jalan menuju lokasi relatif memadai, tetapi harus tetap berhati-hati karena lebar jalan desa berbeda dengan jalan nasional, dan kondisi menanjak menuju lokasi.

    Buper Bukit Baros Panjalu mulai menjadi pilihan para pecinta camping sejak kawasan seluas 15 hektar tersebut, yang berlokasi di Dusun Baros, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, diresmikan sebagai kawasan kampung wisata pada tanggal 11 November 2020 oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya. Sebelumnya, sejak bulan Oktober 2020, para inisiator dan warga setempat mulai menyiapkan dan membangun kawasan tersebut, yang diperuntukkan sebagai lokasi camping ground, pelatihan paralayang, dan wisata umum.


    Pengunjung yang berminat berkemah dapat leluasa memilih lokasi memasang tenda yang dipersiapkannya, karena Buper Bukit Baros Panjalu memiliki kapasitas hingga 100 tenda. Tak heran, lokasi ini cocok untuk digunakan kegiatan gathering, kopdar komunitas, atau giat pramuka dari sekolah-sekolah.

    Tak hanya menyediakan lokasi berkemah, pihak pengelola juga telah melengkapi berbagai fasilitas pendukung di Buper Bukit Baros Panjalu, yakni terutama gazebo, musala, toilet, dan aliran listrik. Selain itu, karena lokasi ini juga kerap dijadikan wisata umum, maka terdapat berbagai spot swafoto (selfie) yang disiapkan untuk memanjakan para pengunjungnya.

    Beberapa waktu terakhir, warga setempat yang dimotori para pemuda Dusun Baros, menambah atraksi istimewa di Buper Bukit Baros Panjalu dengan menerbangkan layang-layang naga (dragon kite) yang panjangnya mencapai 65 meter. Selain itu, jika sedang berlangsung latihan paralayang, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan istimewa di lokasi tersebut.

    Baca juga: Amazing, Dragon Kite Akhirnya Sukses Mengangkasa di Langit Bukit Baros Panjalu!

    Bagi para pecinta camping, suasana senja, malam hari, dan pagi saat terbit matahari, adalah momen pilihan yang sangat dirindukan. Buper Bukit Baros menawarkan night view yang cantik, dengan lampu-lampu yang berkerlap-kerlip di kejauhan. Hawa dingin khas pegunungan yang segar, akan menimbulkan sensasi tersendiri, karena kawasan ini memang masih berada di wilayah kaki Gunung Sawal yang sejuk.


    Pengunjung dapat menikmati kopi panas di tempat yang telah disediakan, sambil menyantap camilan dan bercengkrama bersama kawan-kawan. Jika berminat, dapat pula memesan nasi liwet pada pengelola, sekaligus sebagai bentuk dukungan bagi pemberdayaan masyarakat setempat.

    Jika hari cerah, semua itu dapat dinikmati sambil memandang hamparan lembah, persawahan, lokasi pemukiman, bukit-bukit, dan Gunung Ciremai yang gagah di kejauhan. Situ Lengkong Panjalu yang indah pun akan terlihat jelas dari ketinggian Buper Bukit Baros. Jika sedang beruntung, ada pula kesempatan untuk melihat lautan awan yang indah.

    Pengunjung yang datang ke Buper Bukit Baros Panjalu cukup membayar HTM yang murmer dan amat terjangkau, hanya Rp 3.000 rupiah saja per orang. Sementara itu, parkir motor ditarif Rp 2000, dan parkir mobil Rp 5.000 per kendaraan. Biaya ‘sewa kavling’ untuk mendirikan tenda sebesar Rp 10.000/tenda, sedangkan sewa tenda bagi mereka yang tidak membawanya dipatok Rp 50.000/tenda.

    Masyarakat yang berminat mengunjungi Buper Bukit Baros Panjalu dapat menghubungi terlebih dahulu pihak pengelola untuk menanyakan info lebih lanjut atau reservasi tempat. Beberapa nomor yang dihubungi yaitu 085223863667 (Guguh), 082113638928 (Iyus), dan 082218122829 (Iyank).

    Kontributor: @ogingbaros
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi