• FYI

    29 Mei 2022

    Raih Runner Up 1 Puteri Indonesia, Mojang Pinilih Ciamis Cindy May McGuire akan Ikuti Pemilihan Miss International 2022 di Tokyo


    Masyarakat Tatar Galuh Ciamis turut bergembira dengan terpilihnya Cindy May McGuire sebagai runner up 1 Puteri Indonesia 2022 pada puncak acara yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, pada hari Jumat (27/5/2022) yang lalu. Selain sebagai runner up 1, Cindy juga dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2022 dan Miss International Indonesia 2022.

    Mojang cantik yang juga seorang dokter tersebut maju mewakili DKI Jakarta 5, tetapi perjalanan karirnya tak dapat dipungkiri berawal dari kota manis Ciamis. Keberhasilan Cindy membawa harum nama Ciamis ke pentas nasional, dan bahkan internasional, serta dapat menginspirasi kaum muda Tatar Galuh. Tak heran, pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis berharap dapat menghadirkan Cindy pada saat puncak perayaan Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-380, bulan Juni mendatang.

    Putri dari pasangan Davidson McGuire yang berasal dari Philadelphia, Amerika Serikat, dan istrinya Nelly Yulistin yang asli Kawali, Ciamis, ini memiliki seorang saudara laki-laki bernama Jason Maxwell McGuire. Sebuah sumber menyebut, Cindy dan Jason adalah cucu dari aktris Amerika Serikat bernama Dorothy McGuire. Kediaman keluarga ibu Cindy berada tak jauh dari lokasi situs budaya Astana Gede, Kawali, Ciamis.

    Cindy, kelahiran 27 Juni 1997, sempat berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti orang tuanya, dari mulai Amerika Serikat, Singapura, Australia, Ciamis, dan Bandung. Sewaktu belia, ia bersekolah di SDN 1 Kawali dan SMPN 1 Kawali, Ciamis. Tahun 2013, ia sempat bersekolah menengah di Leongatha Secondary College, Australia, melalui program Senior High Student Exchange. Setelah itu, ia melanjutkan sekolahnya di SMAN 2 Ciamis.


    Ia kemudian mengasah bakat dan kemampuannya melalui ajang pemilihan mojang jajaka Kabupaten Ciamis, dan berhasil menjadi Mojang Pinilih Moka Ciamis tahun 2014. Tahun berikutnya, ia mewakili Kabupaten Ciamis pada ajang Moka Jabar 2015 dan berhasil menjadi Mojang Jawa Barat Harapan 1. Tahun 2018, Cindy kembali tampil pada ajang pemilihan Miss Grand Jabar dan meraih gelar Miss Favorite. Cindy juga meraih posisi sebagai Miss Tourism World Indonesia pada tahun 2021.

    Bakat dan kemampuan mojang tersebut terus terasah dalam berbagai event, tetapi tak menghalangi keberhasilannya di bidang akademik, hingga meraih gelar dokter dari Unisba Bandung, dan kini sedang mengejar gelar S-2, yakni Master of Health Leadership and Management dan Master of Infectious Diseases Intelligence, dari University of New South Wales, Australia. Saat menjalani pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung, ia juga memperoleh kesempatan belajar di Belanda melalui Excellent Medical Student Exchange.

    Bersaing dengan 44 perempuan terpilih dari 34 provinsi seluruh Indonesia, Cindy melewati berbagai tahapan yang ketat untuk menghasilkan pemenang terbaik pada Pemilihan Puteri Indonesia. Ajang tersebut kembali digelar setelah 2 tahun terhenti akibat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

    “Saya sangat bahagia, sekaligus kaget, waktu nama dan provinsi saya disebut oleh host,” tulis Cindy pada akun media sosialnya. Ia tak menyangka sama sekali, terlebih karena bersaing dengan para perempuan luar biasa dari seluruh Indonesia. Pencapaiannya membuatnya merasa sangat bersyukur. “Sangat panjang perjalanan untuk menuju posisi ini, terima kasih Tuhan, alhamdulillah,” imbuhnya.


    Keberhasilan Cindy meraih posisi runner up 1 Puteri Indonesia tahun 2022 melengkapi deretan prestasi yang diraihnya. Selain berprofesi sebagai dokter umum, ia juga menjalani karir sebagai model, artis, bintang iklan, dan auditor di perusahaan pesawat terbang. Tak hanya itu, ia juga memiliki ketertarikan pada edukasi dan advokasi masyarakat, terutama terkait bidang kesehatan.

    "Saya akan membentuk organisasi dokter sukarelawan untuk melakukan perbaikan sistem perawatan kesehatan Indonesia, untuk menyepakati dan mempromosikan perbaikan sistem perawatan kesehatan Indonesia," ungkap Cindy, sebagaimana dikutip media.

    Perannya di bidang kesehatan pula yang mengantarkan dirinya menyandang posisi sebagai Duta Obat dan Makanan Aman POM–RI.

    Mojang Pinilih Ciamis yang hobi melukis, menari, berkuda, golf, dan tenis ini, yang juga penyuka rujak dan penikmat lagu klasik dan jazz, kini memasuki episode baru dalam perjalanan hidupnya. Ia akan mewakili Indonesia pada perhelatan Miss International 2022 Tokyo Jepang pada bulan Desember 2022 nanti. Selain itu, sebagai runner up 1 Puteri Indonesia, berbagai aktivitas sudah menunggu kehadirannya, dan akan menambah padat kesibukannya.

    Source: berbagai sumber
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi