• FYI

    26 Mei 2022

    Membanggakan, Tim Riset MAN 1 Darussalam Ciamis Raih Medali Emas Kompetisi Sains Internasional YISF 2022


    Kabar gembira dan membanggakan datang dari sekolah unggulan MAN 1 Darussalam Ciamis, salah satu madrasah terkemuka di level nasional yang berlokasi di Tatar Galuh. Belum lama ini, Tim Riset dari sekolah tersebut berhasil meraih medali emas pada ajang Youth International Science Fair (YISF) tahun 2022.

    Tim Riset Mansacis yang diketuai oleh Nurul Izzati Aufa tersebut mengikuti lomba pada kategori inovasi sains (Innovation Science Category) di tingkat menengah (secondary level) dengan mempresentasikan secara online sebuah karya ilmiah berjudul “Tofu Waste Processing Innovation for High Economic Value in Jelat Village, West Java”.

    75 tim berada pada level dan kategori tersebut, yang merupakan tim riset yang berasal dari berbagai sekolah menengah di berbagai negara, seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Kazakhstan, Turki, Macedonia, Korea Selatan, UAE, dan lain-lain.

    Sebagai informasi, YISF adalah ajang internasional yang diselenggarakan sejak tahun 2020 oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) yang berkolaborasi berbagai perguruan tinggi dalam negeri, dan berbagai pihak di luar negeri, seperti Buca Municipality Kizil├žullu Science and Art Center, BUCA IMSEF (International Music, Science, Energy and Engineering Fair), Malaysia Innovation Invention Creativity Association (MIICA), dan The Union of Arab Academics.

    YISF diikuti oleh berbagai sekolah maupun universitas dari dalam dan luar negeri, terbagi ke dalam berbagai level, dari mulai university level, secondary level, hingga elementary level. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kompetisi kreativitas dan evaluasi atas hasil riset para pelajar di tingkat internasional.

    Dilansir oleh pihak MAN 1 Darussalam, pada tahun ini pihaknya diwakili oleh tim riset yang beranggotakan 4 orang, terdiri atas 3 orang siswi dan 1 orang siswa, yakni: Nurul Izzati Aufa (kelas X MIPA 2), Tyara Martha (kelas X MIPA 3), Salsa Ashari (X MIPA 4), dan Daffa Akbar (XI MIPA 1).

    Mereka didampingi oleh dua orang pembimbing, yakni Dr. H. Jamiludin Hidayat, S.Pd., M.Pd., dan Abidaturasyidah, S.Pd. Tim Riset MAN 1 Darussalam merupakan salah satu peserta dari sekitar 450 tim dari berbagai universitas dan sekolah menengah sederajat dari berbagai negara dan belahan dunia, yang mengikuti YISF tahun 2022.

    Source: @official_mansacis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi