• FYI

    16 Januari 2020

    Wisata Religi Manaqiban Pertama di Tahun 2020 Hadirkan Ribuan Jamaah di Pesantren Sirnarasa


    Pengajian dan pengkajian Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani berlangsung lancar dan khidmat pada hari Senin pagi, 6 Januari 2020, di Pesantren Sirnarasa, Dusun Ciceuri, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Seperti diketahui, kegiatan manaqiban dilaksanakan setiap satu bulan sekali, pada tanggal 10 penanggalan hijriyah, bertempat di pesantren tersebut.

    Kegiatan manaqiban pertama di tahun 2020 ini dihadiri oleh tak kurang 8000-an orang jamaah dari berbagai wilayah, baik yang berjarak dekat maupun jauh, yang datang menggunakan beragam kendaraan. Sebagian dari para jamaah sudah datang beberapa waktu sebelum kegiatan bulanan ini berlangsung dan bahkan ada yang ikut menginap di rumah penduduk.


    Kegiatan Manaqiban 6/1/2020 dimulai pada pukul 07.38 WIB hingga selesai dan diisi pembacaan Al-Quran, Sholawat, Tanbih, Tawasul, Manqobah, Tabaruk dan Khidmat Ilmiah. Beberapa ustadz ikut mengisi kajian dan ikut memberikan tausiah kepada hadirin. Puncaknya, jamaah mendapat siraman rohani dan bersama-sama melakukan amalan, dipimpin Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Al Qodri QS (Abah Aos), pimpinan Pesantren Sirnarasa.

    Kehadiran ribuan jamaah secara rutin sebulan sekali di lokasi Pesantren Sirnarasa, Desa Ciomas, Panjalu, telah mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat dan bahkan ditetapkan sebagai salah satu wisata religi yang diharapkan memberi dampak positif pada perekonomian masyarakat sekitar.

    Mayoritas penduduk setempat yang berprofesi sebagai petani, kini memiliki agenda tetap bulanan yang dapat menjadi peluang untuk mendapat tambahan pendapatan, yakni dari usaha persewaan guesthouse maupun penjualan makanan-minuman serta cenderamata.


    Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, mengutip keterangan, sejatinya adalah untuk meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT dengan cara mencintai dan memuliakan orang shaleh, yakni auliya (para wali) Allah, dengan maksud untuk meneladani atau mencontoh amal shalehnya.

    Pada pelaksanaannya, kegiatan ini membawa dampak ekonomis bagi lingkungan sekitar, yang jika dimanfaatkan sebaik-baiknya dapat memberi keberkahan tersendiri dan mendorong ke arah kemajuan.

    Pernah mengikuti atau menyaksikan kegiatan manaqiban di Pesantren Sirnarasa? Apa kesan yang Anda dapatkan?

    Kontributor: Nur Alim Maulana
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi