• FYI

    26 April 2020

    Terapkan Protokol Pencegahan COVID-19, Warga Desa Saguling Terima Pembagian KKS


    Pemandangan berbeda tampak di kantor Pemerintah Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Ciamis, pada hari Sabtu (25/4/2020) kemarin. Di tengah-tengah suasana pencegahan wabah COVID-19 yang sudah bergema hingga ke kampung-kampung, pemerintah desa setempat mengadakan kegiatan di lokasi tersebut.

    Tak kurang dari puluhan warga Desa Saguling, banyak di antaranya kaum perempuan, yang termasuk ke dalam KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dari pembagian BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) memenuhi undangan pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

    KKS adalah bagian dari perluasan program sosial yang dilaksanakan pemerintah pusat dalam rangka penanganan wabah COVID-19 dan diserahkan kepada keluarga terdampak. Desa Saguling menjadi salah satu desa yang menerima pembagian KKS tersebut dan diserahkan langsung kepada masyarakat yang berhak.

    Penerima KKS, dilansir oleh laman Bank Mandiri sebagai salah satu penyalur kartu tersebut, akan menerima besaran manfaat Rp. 200.000 setiap bulannya pada masa periode wabah COVID-19, yakni dari bulan April-Desember 2020. Keluarga Penerima Manfaat dapat memanfaatkan KKS untuk mendapatkan bahan bangan Program Sembako melalui agen e-Warong.


    Bank Mandiri pada masa penanggulangan wabah pandemi COVID-19 ini mendapat jatah untuk menyalurkan bantuan melalui KKS kepada 600.208 KPM di seluruh Indonesia. KPM yang menerima bantuan KKS tersebut sebelumnya telah terdata dan tercatat pada DPM (Daftar Penerima Manfaat) oleh Kementerian Sosial RI.

    Pembagian KKS di kantor Desa Saguling langsung dilakukan oleh pihak Bank Mandiri kepada masing-masing perwakilan Keluarga Penerima Manfaat, dengan memperhatikan protokol pencegahan COVID-19 yang berlaku.

    Pembatasan jarak fisik atau physical distancing diterapkan pada pelaksanaan pembagian KKS dengan cara membuat jarak cukup renggang pada kursi yang diduduki oleh warga undangan. Diketahui, jarak aman pada penerapan physical distancing adalah minimal 1 meter. Para peserta kegiatan ini juga dianjurkan untuk menggunakan masker sebagai perlindungan dari paparan virus.

    Kegiatan berjalan dengan lancar dan setiap penerima manfaat BPNT nantinya dapat membelanjakan kartu tersebut dengan bahan pangan yang tersedia di agen khusus e-Warong yang telah ditunjuk.

    Kontributor: @pemdes.saguling
    Editor: @ciamis.info


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi