• FYI

    25 Mei 2020

    Laksanakan Salat Id di Lingkungan Pendopo, Bupati Ciamis Ajak Evaluasi Diri dan Saling Peduli


    Pandemi COVID-19 telah memberi dampak yang luar biasa pada kondisi masyarakat Indonesia, termasuk warga Kabupaten Ciamis. Berakhirnya bulan Ramadhan yang diikuti masuknya tanggal 1 Syawal 1441 H pada tahun ini tak dapat dirayakan secara meriah sebagaimana biasanya.

    Sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini tak ada keramaian dari berkumpulnya warga yang menggelar takbir keliling pada malam 1 Syawal, maupun pelaksanaan salat id di Alun-alun Ciamis keesokan harinya. Lazimnya, salat id di Alun-alun Ciamis dihadiri oleh ribuan masyarakat yang datang dari berbagai penjuru wilayah.

    Pemerintah Kabupaten Ciamis memutuskan untuk meniadakan salat id di lokasi Alun-alun Ciamis, maupun di lokasi-lokasi yang biasa digunakan untuk pelaksanaan di tingkat kecamatan. Sebagai gantinya, masyarakat diarahkan untuk menggelar salat id di masjid atau lingkungan terdekat.

    Pelaksanaannya pun harus memperhatikan protokol pencegahan penyebaran COVID-19. Warga berusia lanjut yang rentan terpapar, atau yang kondisi fisiknya kurang sehat, serta yang baru pulang bepergian dari luar wilayah, diarahkan untuk melaksanakan salat di rumah masing-masing. Saat ini, berkumpulnya masyarakat dalam jumlah besar dianggap mendatangkan risiko penularan wabah COVID-19 tersebut.


    Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M., dan keluarga menyikapi kondisi ini dengan tetap melaksanakan salat id bertempat di lapangan tenis yang terletak di belakang Pendopo Bupati Ciamis, pada hari Minggu pagi (24/5/2020). Tampak pula hadir beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Ciamis dan para petugas di lingkungan dalam.

    Pelaksanaan salat id di lingkungan Pendopo Bupati Ciamis tersebut menerapkan protokol pencegahan COVID-19, di antaranya dengan penggunaan masker dan pembatasan jarak di antara para peserta.

    Bupati Ciamis dalam sambutannya menyampaikan bahwa suasana Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena berada di tengah-tengah kondisi pandemi COVID-19. Ia mengajak jamaah salat id untuk menjadikan kondisi ini sebagai momentum untuk melakukan evaluasi.

    "Semoga ini bisa menjadi evaluasi bagi kita untuk terus menjadi lebih baik dan saling peduli. Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Ciamis saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin," ungkapnya.

    Sumber: @humas.ciamis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi