• FYI

    08 Juli 2020

    Wisata Alam Ciharus, Alternatif Piknik Keluarga yang Makin Nge-hits di Cihaurbeuti

    Seiring diberhentikannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan diberlakukannya AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) atau kerap disebut ‘new normal’ di wilayah Jawa Barat, geliat aktivitas wisata di Kabupaten Ciamis pun mulai terasa lagi. Termasuk, di lokasi baru yang kini mulai ‘nge-hits’, Wisata Alam Sungai Ciharus. 

    Kejenuhan masyarakat yang sudah terlalu lama ‘ngerem’ (mengurung diri—Basa Sunda) selama masa PSBB diyakini telah menimbulkan kuatnya kerinduan untuk berkunjung di obyek-obyek wisata yang banyak tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Ciamis. Hasilnya, keramaian aktivitas berwisata alias piknik pun dilaporkan terjadi di lokasi-lokasi tersebut.

    Wisata Alam Sungai Ciharus yang terletak di Dusun Seda Kaler RT 02 RW 05, Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, menjadi salah satu alternatif yang sangat menarik, karena menawarkan kejernihan air sungai yang bersumber dari Gunung Sawal dan berpadu dengan suasana pedesaan yang alami.

    Pengelola Wisata Alam Sungai Ciharus, sebagaimana banyak pengelola obwis lain di Kabupaten Ciamis, di sisi lain memang telah cukup lama menanti keputusan pembolehan pembukaan kembali kunjungan masyarakat, tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

    Pembukaan kunjungan wisata diharapkan dapat menggairahkan kembali optimalisasi potensi ekonomi dari obwis lokal di Ciamis. Tak hanya para pengelola dari kalangan swasta murni, lembaga-lembaga usaha seperti BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) atau kelompok/komunitas yang sedang merintis pengelolaan obyek wisata di beberapa lokasi baru di Kabupaten Ciamis, selama ini telah terhambat oleh datangnya wabah COVID-19.

    Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) pengelola Wisata Alam Ciharus di bawah pimpinan Amir Mahmud, kini terus berbenah dalam menata dan meningkatkan pelayanan pada pengunjung. Kelompok tersebut dibentuk sebagai wadah yang mengakomodasi warga dan karang taruna setempat untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi wisata Sungai Ciharus.

    Obyek wisata alam Ciharus dapat dicapai dengan menempuh perjalanan menuju arah Cihaurbeuti terlebih dahulu. Pengunjung kemudian mengambil rute ke arah Panumbangan/Panjalu di lampu merah Cihaurbeuti, dan berikutnya berbelok ke kiri di Gang Ojeg Bojong, Desa Padamulya.


    Wisata Alam Sungai Ciharus dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Belum ada tiket masuk, alias gratis, tetapi pengelola menyediakan 'kotak sodakoh' sukarela untuk mendukung pengembangan obwis ini. Tarif parkir juga masih dipersilakan seikhlasnya untuk para pengunjung.

    Tatang Nasrudin, Kepala Wilayah Dusun Seda Kaler, Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, kepada CIAMIS.info menyambut gembira perkembangan Wisata Alam Ciharus saat ini.

    “Pengunjung dapat mencapai dua ribu orang di hari Sabtu dan Minggu,” tuturnya.

    Pengelola menyediakan fasilitas berupa tempat parkir yang luas, saung-saung yag bisa di-booking, tempat berenang, wahana air, aula untuk even/kegiatan bersama, mushola, WC Umum, live music, spot selfie dan paket nasi liwet. Pengunjung yang akan memesan tempat atau menanyakan informasi, dapat menghubungi terlebih dahulu pihak pengelola melalui nomor WA 085323373113.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi