• FYI

    15 Agustus 2020

    Buka Wawasan tentang Investasi, Kelompok KKN Alternatif Ciamis 01 FEB UMP Sampaikan Edukasi pada Masyarakat


    Kelompok Kuliah Kerja Nyata Alternatif Ciamis 01 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melaksanakan salah satu program kerja berupa pemberian edukasi tentang investasi kepada masyarakat di daerah asal masing-masing para mahasiswa peserta KKN.

    Kelompok KKN Alternatif Ciamis 01 FEB UMP diketuai oleh Ilman Riyadi (Manajeman S1) dan beranggotakan Tjitji Ainusy Syamsi (Manajeman S1), Anna Mutiannisa (Akuntansi S1) dan Reghita Nabilla Shafira (Akuntansi S1). Kelompok ini berada di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ika Yustiana Rahmawati, SE., MSi.

    Kegiatan edukasi tentang investasi berlangsung pada hari Sabtu tanggal 1 Agustus 2020 dan berjalan lancar, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan. Lokasi pelaksanaan berada di: 1. Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis; 2. Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis; 3. Desa Rancah, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, dan; 4. Desa Gunungsari, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon.

    Meskipun pelaksanaan program kerja KKN Alternatif Ciamis 01 FEB UMP dilaksanakan di daerah asal masing-masing mahasiswa, atau dilakukan secara terpisah dengan anggota lainnya, tetapi tidak menyurutkan semangat kelompok tersebut.

    Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ika Yustiana Rahmawati, SE., MSi., mengungkapkan, “Walaupun KKN Alternatif Kelompok Ciamis 01 dilakukan di daerah masing-masing peserta dikarenakan wabah virus Covid-19, tetapi mereka tetap harus berkoordinasi dengan kelompok selama pelaksanaan KKN Alternatif ini.”


    Program kerja Kelompok KKN Alternatif Ciamis 01 FEB UMP dilaksanakan dalam bentuk pemberian edukasi investasi kepada masyarakat atau pemula yang belum memahami dengan jelas tentang investasi, khususnya investasi pada produk pasar modal yang salah satunya adalah saham.

    Peserta KKN berharap kegiatan edukasi yang dilaksanakan dapat memberi manfaat bagi masyarakat, yakni menambah pengetahuan seputar investasi. Masyarakat yang sebelumnya masih awam dalam mengenal investasi, diharapkan akan lebih tertarik berinvestasi di pasar modal maupun investasi lainnya.

    “Masyarakat kebanyakan mengetahui investasi itu hanya berupa emas, tanah dan sawah saja. Di situlah peran kami mahasiswa untuk membuka wawasan masyarakat mengenai hal ini,” ungkap Ketua Kelompok KKN Alternatif Ciamis 01 FEB UMP, Ilman Riyadi, kepada CIAMIS.info.

    Tak hanya melaksanakan edukasi tentang investasi, para mahasiswa anggota Kelompok KKN Alternatif Ciamis 01 FEB UMP pun melaksanakan berbagai program kerja lainnya, di antaranya pendampingan belajar di rumah kepada siswa-siswa SD dan SMP, pendampingan mitra, mengajar di TPQ, edukasi menabung sejak dini, dan gerakan mengaji setelah maghrib.

    Sumber: Dok. Tim KKNA FEB UMP Ciamis 01
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi