• FYI

    08 September 2020

    Lupa dan Tinggalkan Tungku Menyala, Dua Rumah Hangus Terbakar di Medanglayang


    Musibah kebakaran terjadi pada hari Senin malam (7/9/2020) di wilayah RT 06 RW 03 Dusun Medanglayang, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis. Api dilaporkan mulai menyala pada sekitar pukul 21.15 WIB, demikian berdasar rilis Damkar Ciamis, dan melalap dua rumah yang berdekatan.

    CIAMIS.info mulai menerima laporan kejadian ini pada pukul 10.03 WIB dari warganet @mangepi melalui kiriman foto. Tampak api sudah membesar dan kontras terlihat pada suasana malam. Kekagetan warga juga cukup tergambar pada kiriman video yang dikirim oleh @acetcaplin_09.

    Api pada mulanya diduga berasal dari tungku yang sedang digunakan oleh Ibu Diah untuk merebus ketupat. Ia sempat meninggalkan dan tak sengaja terlupa pada tungku tersebut, sehingga timbul kebakaran. Percikan api kemudian merembet ke rumah sebelahnya.

    Kejadian ini mengakibatkan rumah Rokandi yang berukuran 4 x 6 meter dan Rasmita, 4 x 4 meter, ludes dilalap si jago merah. Selanjutnya, Kepala Dusun Medanglayang Iis Isak melaporkan kejadian kepada Pemadam Kebakaran Ciamis.

    Damkar Ciamis mengirimkan Regu 1 dengan membawa 4 unit kendaraan pemadam untuk mengatasi kejadian ini, tetapi sempat terkendala lokasi rumah yang sulit dijangkau. Pemadaman dapat dilakukan dengan kerjasama petugas bersama warga setempat.

    Tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi kerugian material ditaksir sekitar Rp. 300 juta pada kedua rumah.

    Terbakarnya rumah akibat tungku api ditinggalkan pemiliknya pernah terjadi di Kecamatan Panumbangan pada 3 Agustus 2018, mengakibatkan 4 rumah hangus dalam waktu sehari di dua tempat berbeda. Kebakaran terjadi di Dusun Sukamukti dan Dusun Babakan.

    Kejadian-kejadian ini menjadi peringatan agar para pemilik rumah selalu berhati-hati jika sedang memasak makanan menggunakan tungku api. Sebaiknya tidak pernah meninggalkan api tungku menyala untuk waktu yang cukup lama, sebab dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

    Sumber: @damkarkab.ciamis, warganet
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi