• FYI

    31 Januari 2021

    Wisata Kuliner di Kopi Sufi: Ketika Ngopi dan Diskusi Eratkan Silaturahmi


    Warga Ciamis dan sekitarnya yang bermaksud menghabiskan waktu istimewa bersama keluarga di seputaran Ciamis utara, kini memiliki tujuan baru yang patut dijadikan destinasi utama persinggahan. Selepas mengunjungi obyek-obyek wisata istimewa di Tatar Galuh, tempat singgah yang satu ini menjanjikan suasana santai dan menyegarkan.

    Kopi Sufi akan membantu me-refresh kembali kondisi fisik yang mulai kelelahan, sembari ngobrol-ngobrol santai untuk mengeratkan tautan hati dan pemikiran. Sajian kopi istimewa dan beragam kuliner pilihan akan menemani melepas kepenatan, serta mengembalikan semangat sebelum kembali melanjutkan perjalanan.


    Kopi Sufi terletak di lokasi yang mudah dijangkau, tepatnya di Jalan Raya Simpar, jalur Panjalu-Cikijing, Ciamis, Jawa Barat. Jika berangkat dari Alun-alun Panjalu, gunakan penunjuk jalan untuk memandu ke arah Sukamantri. Jika menggunakan kota Ciamis sebagai titik awal keberangkatan, lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang satu jam lamanya. Namun, perjalanan menuju Kopi Sufi akan melewati banyak lokasi yang patut dikunjungi terlebih dulu, seperti Astana Gede Kawali, Curug Tujuh dan Situ Lengkong Panjalu. Pastinya, ini menjadi perjalanan yang sangat menarik dan menyenangkan.

    Kedai kopi moderen di Ciamis utara ini, tampil bersih dan tertata apik di bawah pengelolaan Aditia Karna Saputra. Ia merupakan putra dari pendiri Kopi Sufi, H. Tisna, yang sejak awal menginginkan usaha ini tak hanya sekadar menjadi kedai kopi biasa.


    Kopi Sufi, sesuai namanya, mengusung nuansa islami di dalamnya. Kedai ini hadir sebagai wadah atau media untuk bersilaturahmi masyarakat, khususnya para anak muda, agar kreativitas mereka dapat terbentuk melalui diskusi-diskusi hangat yang ditemani secangkir kopi.

    Dalam perkembangannya, selain berorientasi pada pengembangan usaha, Kopi Sufi juga ditujukan sebagai wadah untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Implementasinya, bahan baku yang digunakan untuk minuman dan makanan yang tersaji di Kopi Sufi sebagian besar mengambil dari masyarakat sekitar. Sebagai contoh, untuk green bean menggunakan kopi lokal yaitu dari kawasan kaki Gunung Sawal dan Jahim Sukamantri. Tak hanya itu, karyawan Kopi Sufi pun berasal dari pemuda-pemudi setempat.


    Kopi Sufi menyediakan tempat indoor dan outdoor untuk menikmati hidangan yang tersedia. Pengunjung dapat leluasa memilih lokasi yang sudah ditata rapi sesuai kebutuhan. Khusus view di luar ruangan, tersaji pemandangan yang menyegarkan mata, menemani aktivitas ngemil dan ngopi nikmat, sehingga amat cocok untuk menghilangkan jenuh akibat hiruk-pikuk suasana yang biasanya melingkupi pengunjung dalam kesehariannya.

    Menjawab kebutuhan kekinian, Kopi Sufi juga menyediakan berbagai spot menarik untuk berswafoto alias selfie, atau foto bersama keluarga maupun sahabat-sahabat tercinta. Spot-spot tersebut instagrammable dan amat layak untuk menghiasi feed maupun insta story kaum milenial.


    Kopi Sufi tentu saja sangat menaruh perhatian pada sajian kopi sebagai produk utama. Bicara cita rasa, kopi yang ditawarkan dijamin pihak pengelola akan ‘bikin nagih’ dan memiliki banyak varian rasa. Kopi susu, minuman non-coffee, ragam cemilan untuk menemani minum kopi, semua tersedia. Bahkan jika menginginkan, makanan berat juga tersedia dengan rasa yang memanjakan lidah pastinya.

    Pengunjung Kopi Sufi tak hanya akan merasakan cita rasa yang mantap untuk urusan kulineran. Kenyamanan juga akan tetap terjaga karena kunjungan ke kedai ini tak akan menguras isi dompet pengunjungnya. Pengelola mematok harga dalam ukuran yang sangat terjangkau. Harga minuman ada di kisaran Rp. 11-28k, sedangkan untuk cemilan dan makanan ada di kisaran Rp. 10-25k saja.


    Daya tampung Kopi Sufi cukup memadai untuk kebutuhan berkumpul komunitas atau keluarga, dengan kapasitas kurang lebih sekitar 100 orang. Kunjungan dengan jumlah banyak sebaiknya dimulai dengan reservasi terlebih dahulu ke nomor 0813-2235-9824, terlebih lagi jika mengambil waktu pada saat weekend, karena biasanya sudah cukup ramai oleh pengunjung.

    Tertarik berkunjung ke sini? Pastinya! Ayo, jadwalkan segera sembari mengunjungi keindahan kawasan Ciamis utara yang amat mempesona.

    Sumber: @kopisufi.co
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi