• FYI

    31 Januari 2021

    Hindarkan Bahaya bagi Warga, Damkar Ciamis Evakuasi Sarang Tawon di Kertasari


    Giat evakuasi sarang tawon kembali dilaksanakan oleh petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis. Kali ini, bermula dari laporan Redi Suharyadi (39), warga Lingkungan Cibitung Hilir RT 03 RW 10 Desa Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, mengenai keberadaan sarang tawon yang dikhawatirkan dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

    Lokasi sarang tawon tersebut berada di kantor PT. Prisma Surya Gemilang, Jl. Kompol Sanusi, Cibitung Girang, Desa Kertasari, Ciamis. Posisi sarang berdiameter sekitar 30 cm tersebut menempel pada plafon gedung kantor di ketinggian 15 meter dan membutuhkan penanganan dan petugas khusus.

    Evakuasi dilaksanakan oleh 4 petugas Damkar Ciamis yang terdiri atas Andi, Bayu, Rudy dan Bimar, pada hari Sabtu (30 Januari 2021), pukul 20.00 WIB, didukung satu unit armada pancar bernopol Z 9921 V.

    Proses evakuasi sarang tawon lazim dilaksanakan pada malam hari karena diketahui bahwa tawon lebih agresif menyerang pada saat terdapat banyak cahaya, terutama di siang hari.

    Petugas Damkar Ciamis harus menggunakan tangga mencapai ketinggian sebelum melakukan pencopotan sarang tawon yang menempel di plafon. Untuk melindungi dari kemungkinan serangan, petugas juga menggunakan kelengkapan pelindung diri.

    Proses evakuasi berjalan lancar dan pada sekitar pukul 21.00 WIB kondisi dinyatakan aman, serta petugas kembali ke markas Damkar Ciamis.

    Keberadaan sarang tawon di lingkungan permukiman atau perkantoran dapat menimbulkan serangan yang meresahkan dan membahayakan warga atau pegawai setempat. Kehadiran petugas Damkar Ciamis selama beberapa waktu terakhir ini mendapat apresiasi warga sebagai solusi permasalahan tersebut.

    Terlebih lagi, penanganan sarang tawon tidak bisa dilakukan serampangan karena dapat berakibat fatal. Kejadian serangan tawon terhadap manusia pun masih terus masuk di ranah pemberitaan nasional. Terakhir, satu warga tewas dan tujuh lainnya dirawat di rumah sakit karena diserang tawon sliring di Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Tribun-Bali.com, Sabtu 30 Januari 2021).

    Warga Tatar Galuh yang membutuhkan bantuan petugas Damkar Ciamis untuk mengevakuasi sarang tawon, atau hewan berbahaya seperti ular misalnya, dapat menghubungi nomor telepon 0265-772993 (Mako Ciamis), 0265-7513578 (WMK Kawali), 085221299190 (WMK Rancah) atau 081220585985 (WMK Banjarsari).

    Editor: @ciamis.info.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi