• FYI

    19 Februari 2021

    Jadi yang Terbaik Ketiga di Ciamis, Bank Sampah Kartini Terus Ajak Warga Imbanagara Raya Lebih Peduli Lingkungan


    Kegiatan studi banding kadang dipandang miring oleh sebagian pihak sebagai hanya sekadar jalan-jalan saja, bahkan dianggap membuang-buang anggaran. Padahal, anggapan ini tidak selamanya benar. Sebaliknya, banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan tersebut.

    Saat Tim Penggerak PKK Kecamatan Ciamis melakukan studi banding ke Kecamatan Rancah, dan menyambangi salah satu lokasi bank sampah di wilayah tersebut, Aan Samsiah, S.Pd., salah satu kader PKK dari Desa Imbanagara Raya, dapat menyerap spirit dan inovasi yang sangat penting dalam praktek tata kelola sampah.

    Ia kemudian berpikir bahwa masyarakat Desa Imbanagara Raya juga sudah waktunya memiliki kesadaran untuk mengumpulkan dan mengelola sampahnya dengan lebih baik, sebagaimana yang pernah disaksikannya di Rancah. Bertolak dari pemikiran itu, pada tanggal 21 September 2018, Bank Sampah Kartini berdiri secara resmi dengan jumlah awal anggota sebanyak 20 orang dan dikelola oleh 8 orang pengurus.

    "Penamaan bank sampah ini mengacu pada keseluruhan anggota dan pengurusnya yang berasal dari kaum perempuan," tutur Aan Samsiah, S.Pd., Direktur Bank Sampah Kartini, mengenang masa awal pembentukan bank sampah yang kini terus dikelola bersama teman-teman seperjuangannya.

    Salah satu cara Bank Sampah Kartini pada masa-masa awal keberadaannya, untuk mengajak warga sadar tentang kebersihan lingkungan dan mau pengelola sampah dengan lebih baik, adalah dengan mengajak mereka jalan-jalan pagi berkeliling desa, yakni pada setiap hari Jumat atau seminggu sekali, sambil memungut sampah anorganik. Hasil kegiatan pungut sampah tersebut kemudian dikumpulkan di sekretariat Bank Sampah Kartini.


    Seiring dengan terus bertambahnya nasabah Bank Sampah Kartini yang kemudian mencapai jumlah 300 orang, maka ragam kegiatan pun menjadi lebih banyak. Beberapa kegiatan yang dijalankan saat ini, yakni: pengumpulan sampah organik dan anorganik, budidaya maggot BSF, budidaya perikanan, sembako, pengumpulan (tabungan) uang receh, dan dana sosial yang digunakan untuk menjenguk nasabah yang sakit.

    Geliat aktivitas Bank Sampah Kartini dengan berbagai programnya dapat menjadi inspirasi percontohan bagi daerah-daerah lain di wilayah Tatar Galuh Ciamis. Pada tanggal 18 Februari 2020, inisiatif warga untuk warga ini mendapatkan penghargaan sebagai bank sampah terbaik ketiga di tingkat Kabupaten Ciamis, dalam penilaian yang diadakan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis.

    Sumber: Bank Sampah Kartini
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi