• FYI

    03 Februari 2021

    Mengharukan dan Inspiratif, Warga Dusun Cimendong Merenovasi Rumah Guru Mengaji


    Kepedulian masyarakat Dusun Cimendong, Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, terhadap kehidupan dan kesejahteraan guru mengaji patut mendapat apresiasi dan layak menjadi inspirasi. Warga setempat, khususnya yang berada di wilayah RT 011 RW 06, baru-baru ini menyelesaikan renovasi rumah sekaligus madrasah yang sehari-hari dihuni dan digunakan oleh Ustadz Mamat, seorang guru mengaji di lingkungan tersebut.

    Ustadz Mamat adalah seorang guru mengaji dengan disabilitas yang selama ini tetap setia mengajar anak-anak setempat agar mampu membaca Al-Quran dan mengenal ajaran Islam sejak dini. Sayangnya, rumah yang sekaligus menjadi madrasah tempatnya mengajar berada dalam kondisi memprihatinkan, dengan atap yang nyaris roboh dan tidak layak lagi digunakan.
    Kondisi rumah Ustadz Mamat sebelum direnovasi.

    Melihat kondisi tersebut, Ketua RT 011 Herman Setiawan (Kebak) dan Kepala Wilayah Cimendong Gun Gun Gunawan mengambil inisiatif menggugah kepedulian warga untuk melakukan renovasi rumah Ustadz Mamat. Renovasi dimaksudkan agar rumah sekaligus madrasah yang dikelola guru mengaji tersebut menjadi lebih layak untuk digunakan, sekaligus lebih nyaman. Selama ini, rumah tersebut dinilai terlalu sempit dan para murid terpaksa berdesak-desakan saat mengaji.

    Jumat, 25 September 2020, proses pembongkaran rumah dimulai. Kegiatan ini menandai dimulainya renovasi rumah Ustadz Mamat. Seluruh pembiayaan untuk perehaban berasal dari swadaya murni masyarakat. Tenaga kerja yang terlibat setiap harinya juga berasal dari warga setempat, dengan jumlah pada saat pembongkaran maupun pengecoran mencapai sekitar 50 orang. Sementara untuk tenaga kerja harian tidak selalu sama jumlahnya, tetapi berkisar sekitar 10 orang.
    Kondisi rumah setelah proses renovasi tahap 1.

    Sebulan terakhir, memasuki tahun 2021, proses renovasi rumah tahap 1 akhirnya selesai dilaksanakan. Rumah sekaligus madrasah tersebut kini sudah dapat dihuni kembali oleh keluarga Ustadz Mamat dan digunakan untuk kegiatan mengaji anak-anak.

    “Insya Allah ada rencana membangun rumah untuk ustadz lagi di kampung ini. Insya Allah secepatnya ,” tutur Rafli Dwi Jeri Hermawan, salah seorang panitia renovasi.

    Kepedulian warga Cimendong, Panjalu, pada kehidupan guru mengaji sangat mengharukan. Terlebih, Ustadz Mamat adalah seorang warga dengan disabilitas yang sangat membutuhkan dukungan semua pihak agar dapat terus berkarya dan memberi manfaat pada lingkungan.

    Jasa seorang guru mengaji pada pembentukan karakter anak-anak sejak dini sangatlah besar, tak mungkin dapat dibayar dengan materi. Namun demikian, kepedulian masyarakat dengan memperbaiki rumah, seperti yang dilaksanakan warga Cimendong untuk Ustadz Mamat, menjadi dukungan nyata yang sangat berarti bagi kehidupan guru tersebut.

    Semoga inisiatif dan kerja nyata warga Dusun Cimendong menjadi inspirasi bagi masyarakat di wilayah lain.

    Kontributor: @raflidwijerihermawan
    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi