• FYI

    04 Februari 2021

    Leuwi Lebak, Destinasi Baru Wisata Alam di Bangunharja Cisaga


    Pesona keindahan alam Tatar Galuh Ciamis seolah tak ada habis-habisnya untuk dijelajahi. Tak terkecuali suasana di berbagai aliran sungai yang melintasi kawasan ini, lengkap dengan air terjun atau curug yang indah dan mempesona. Tak ketinggalan, keberadaan leuwi atau lubuk yang seakan menjadi kolam renang alami bagi para pecinta wisata air di alam bebas.

    Jika Leuwi Pamipiran terletak di Sadananya dan menjadi viral karena kejernihan air serta suasananya yang alami, maka kini muncul pula lokasi baru di wilayah selatan Ciamis yang mulai mendapat perhatian warga.

    Leuwi Lebak, demikian namanya, terletak di Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis. Karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Kota Banjar, maka lokasi Leuwi Lebak lebih mudah dijangkau dengan melewati wilayah tersebut.

    Pengunjung yang berniat mendatangi Leuwi Lebak akan lebih mudah menempuh perjalanan jika menggunakan jalur via pangkalan ojek Katapang, Banjar. Lokasi Leuwi Lebak dapat ditempuh lebih kurang satu jam lamanya dari pusat kota Ciamis, dengan melewati lampu merah persimpangan yang menuju Terminal Banjar.

    Dari lampu merah, ambil arah lurus, melewati komplek Raider Buaya Putih. Saat menemui lokasi PO Katapang, sebelum Banjar Atas, ambil jalur belok ke kiri. Selanjutnya lurus, melanjutkan perjalanan melewati kebun jati, area persawahan dan rawa onom.

    Dani, salah seorang yang sudah mengunjungi Leuwi Lebak, mengaku awalnya memdapat info keberadaan tempat indah ini dari saudaranya yang menyebut di Bangunharja, Cisaga, ada leuwi (lubuk) yang menarik untuk disambangi.

    "Sudah cukup banyak anak muda yang bermain ke sini, berenang, lalu sambil ngaliwet biasanya," tuturnya.

    Patokan untuk menemukan lokasi Leuwi Lebak adalah keberadaan tugu batas desa di Dusun Kertaharja. Terdapat sungai di sebelah kiri jalan, letaknya persis sebelum jalan menanjak melewati kebun jati. Karena berada di pinggir jalan, tidak sulit untuk menemukan lubuk atau leuwi ini.

    Kendaraan roda dua dapat dibawa mendekati Leuwi Lebak, akan terlihat lokasinya dari atas. Hingga info ini diterbitkan, menurut penuturan Idan, belum ada tiket masuk maupun tarif parkir di lokasi. Belum ada pengelolaan dari pihak manapun untuk memberi pelayanan yang lebih baik bagi para pengunjung.

    Keistimewaan Leuwi Lebak adalah aliran airnya yang relatif tenang dengan kedalaman air relatif aman untuk dipakai berenang, dengan bagian terdalam setinggi leher orang dewasa. Meski tidak terlalu luas, lubuk ini bisa dipakai untuk 'bermain air' sampai puas.

    Terdapat beberapa umpakan atau ketinggian permukaan sungai, kesemuanya sangat indah untuk dijelajahi. Pengunjung dapat leluasa berenang atau berfoto ria. Sedikit catatan, pengunjung dilarang berkata sompral (kasar atau tanpa etika) di lokasi ini.

    Tertarik berkunjung ke sini? Ternyata di balik posisi Bangunharja yang konon jauh ke sana ke mari, terdapat destinasi indah yang layak dikembangkan di masa depan.

    Keindahan Leuwi Lebak dapat memberi dampak positif pada perekonomian masyarakat sekitar. Di sisi lain, menjadi tanggung jawab bersama untuk terus menjaga keindahan, kebersihan dan kelestariannya. Tidak menyampah di lokasi misalnya, menjadi salah satu sikap positif dalam menikmatinya.

    Satu hal yang perlu menjadi perhatian calon pengunjung sebelum datang ke lokasi ini, yakni bahwa kenyataan kadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Terlebih lagi aliran sungai merupakan jalur perlintasan air. Sangat mungkin terjadi, air yang asalnya jernih menjadi keruh karena daerah hulu sedang diguyur hujan yang kemudian menyebabkan aliran air di sungai membawa lumpur.

    Foto: @idan_dizzie16
    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi