• FYI

    06 Februari 2021

    Sparko Ciamis: Menyehatkan, Menyenangkan dan Menambah Banyak Teman


    Komunitas olahraga terus bermunculan di Kota Manis Ciamis, membawa angin segar bagi perkembangan masyarakat yang lebih dinamis, lebih sadar arti penting kesehatan, serta kualitas hidup yang lebih baik.

    Terhitung sejak tanggal 12 April 2020, berdiri Spartan Komando Ciamis, atau biasa disebut Sparko Ciamis, sebagai salah satu komunitas olahraga yang hingga kini terus aktif berkegiatan. Komunitas yang masih tergolong relatif baru ini menjadi salah satu alternatif untuk ajang berkumpul para pencari kegiatan berolahraga bersama yang menyehatkan sekaligus menyenangkan.

    Sparko Ciamis dirintis oleh Nurvitriana dan Maulidi dengan dasar hukum atau legalitas resmi sesuai dengan aturan Sparko Pusat. Kini, komunitas tersebut memiliki anggota terdaftar sebanyak lebih kurang 80 orang, dengan jumlah yang aktif dan rutin berlatih sekitar 40 orang.

    Anggota Sparko Ciamis terdiri atas laki-laki dan perempuan pada kisaran usia mulai dari mulai 14 hingga 70 tahun. Terdapat pula anggota yang berasal dari kalangan disabilitas, menunjukkan keterbukaan komunitas ini pada siapapun yang berminat untuk bergabung.

    Sesuai dengan latar belakang kelahiran Sparko di tingkat pusat yang didirikan oleh Mayor Infanteri Eka Wira Dharmawan di Bandung pada tahun 2015 dan awalnya diperuntukkan bagi prajurit Kopassus, maka kegiatan Sparko Ciamis pun berfokus kepada latihan olahraga militer yang dikemas dengan lebih santai dengan dibimbing oleh para pelatih bersertifikasi.


    Program olahraga yang dilakukan Sparko Ciamis meliputi kardio, baik berupa lari ataupun renang, HIIT dan Calisthenics, yang kesemuanya disesuaikan dengan kapasitas kemampuan fisik setiap anggota.

    HIIT (High Intensity Interval Training) merupakan latihan kardio dengan intensitas tinggi. Sedangkan Calisthenics (Kalistenik) adalah latihan yang memaksimalkan penggunaan berat tubuh untuk melatih otot, di antaranya dengan push up bervariasi atau sit up bervariasi.

    Sesekali Sparko Ciamis juga melakukan aktivitas di alam bebas, seperti trail run di kawasan Awilega pada bulan Desember 2020 lalu.

    Di bawah kepemimpinan Ketua Nurvitriana dan PJ Maulidi, serta bimbingan para coach Bagas, Rega, dan Prakas Aji, Sparko Ciamis juga menjadi wadah pembinaan jasmani dan membantu para pemuda yang berminat mengikuti rekrutmen anggota TNI/Polri.

    “Inti atau esensi dari kegiatan sparko adalah sebagai wadah bagi masyarakat untuk giat berolahraga dengan program sesuai teknik dan teori tanpa harus berbayar,” tutur Nurvitriana, Ketua Sparko Ciamis.


    Perkembangan Sparko Ciamis sejauh ini cukup menggembirakan, tuturnya, dan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk bergabung. Sosialisasi yang dilakukan oleh para anggota dengan memanfaatkan media sosial turut membantu penyebaran informasi kegiatan komunitas ini.

    “Cukup banyak warga yang melihat aktivitas kami saat latihan hari Minggu di Lokasana,” tutur Lala, salah satu anggota Sparko Ciamis, “tapi sepertinya mereka masih sebatas bengong dan segan meskipun ingin ikutan, atau mungkin malu, padahal kita terbuka dan gratis.”

    Sparko Ciamis, tambahnya, terbuka bagi siapa saja dan usia berapa saja. Tidak ada syarat macam-macam untuk bergabung dengan komunitas ini. Cukup dengan mau datang dan konsisten berlatih setiap pekan di Lapangan Lokasana. Semuanya dilakukan dengan gratis.

    Lala berharap giat olahraga Sparko Ciamis semakin dikenal dan digemari oleh masyarakat, sehingga ikut berkontribusi langsung terhadap perkembangan budaya olahraga, serta dapat ikut andil dalam menghadirkan kegiatan positif di Kabupaten Ciamis.

    Ia sendiri memiliki kesan tersendiri setelah bergabung dengan Sparko Ciamis.

    “Seru!” ungkapnya, “Biasanya olahraga sendirian suka malas, ternyata kalau beramai-ramai dan sesuai teknik jadi lebih menyenangkan.”


    Ia mengaku mendapatakan berbagai manfaat. Selain pola olahraganya menjadi lebih teratur dan tepat, ia juga menjadi punya banyak teman dan support system dalam membentuk pola hidup sehat.

    Senada dengan Lala, Vitri mengaku sejak mengikuti Sparko Ciamis, ia yang tadinya jarang latihan untuk penguatan otot akhirnya mendapatkan full body workout dan langsung dilatih oleh coach dari Sparko yang bersertifikasi.

    Ia mengaku mendapatkan manfaat lebih. Selain mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, di Sparko Ciamis ia jadi lebih banyak mengenal orang-orang baru dari sekitar Ciamis, jadi punya lebih banyak teman dan keluarga baru. “Sungguh asyik,” tuturnya.



    Hery, salah satu anggota Sparko Ciamis lainnya mengaku bahwa latihan setiap hari Minggu pagi memberikan kesempatan padanya, yang setiap harinya bekerja, untuk bisa beraktivitas menggerakkan tubuh minimal sejam dalam seminggu.

    “Walaupun gerakannya pada dasarnya adalah antara jumping, sit up ataupun push up, tapi di Sparko semua itu dibuat bervariasi dan menyenangkan untuk dilakukan bersama. Hal itu mustahil bisa saya lakukan kalau hanya sendirian di rumah. Itulah kenapa saya bergabung dengan Sparko, karena kalau hanya sendiri saja saya akan malas melakukan gerakan olahraga,” ungkapnya.

    Ia mengaku mendapatkan output dari kegiatan Sparko Ciamis berupa keringat dan pembakaran kalori. Namun bukan itu saja, di komunitas ini ia mendapatkan lingkungan pertemanan baru yang lebih beranekaragam. Ia menemukan teman-teman baru yang bukan hanya berbeda dari segi usia, tapi dari latar belakangnya, misal kehidupan atau pekerjaan yang berbeda.

    “Kita bisa saling berbagi cerita dan pengalaman dan dijadikan pelajaran yang bermanfaat,” pungkasnya.

    Warga Ciamis yang berminat bergabung atau berolahraga bersama Sparko Ciamis dapat menghubungi nomor-nomor berikut ini: 0896-5236-1544 (Vitri), 0896-3891-9856 (Bagas) dan 0853-2012-1814 (Galant).

    Kontributor: @adfala
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi