• FYI

    22 Februari 2021

    Tungku Api Ditinggalkan Menyala, Rumah Lansia Terbakar di Sindanghilir


    Musibah kebakaran pada rumah warga kembali terjadi di wilayah Ciamis. Kali ini, nasib nahas menimpa sebuah rumah hunian warga lansia, atas nama Ibu Iso (65 tahun), yang beralamat di Dusun Sindanghilir RT 31 RW 08, Desa Citeureup, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

    Pos WMK (Wilayah Manajemen Kebakaran) Surawisesa Kawali melaporkan, kebakaran ini terjadi pada hari Minggu (21 Februari 2021) pukul 11.45 WIB dan diduga akibat percikan api dari tungku yang sedang digunakan untuk memasak.

    Mengutip rilis Damkar Ciamis, Ibu Iso sedang memasak di dapur menggunakan tungku, kemudian meninggalkan alat memasak tradisional yang sedang menyala tersebut untuk sebuah keperluan. Api diduga memercik dan tertiup angin, kemudian merambat ke bilik rumah. Percikan tersebut kemudian membesar.

    Rumah Ibu Iso yang menggunakan material alami, kering dan mudah terbakar, sebagaimana lazim ditemukan pada rumah-rumah tradisional di wilayah Ciamis, diduga mempercepat api merambat dan menghanguskan hunian semi permanen tersebut.

    Kejadian kebakaran kemudian dilaporkan oleh Bapak Cecep, Kepala Seksi Pembangunan Desa Citeureup, kepada Pos WMK Surawisesa Kawali. Pos WMK sigap mengirimkan 2 personel dengan menggunakan 1 unit mobil pancar bernopol Z 9913 V menuju lokasi TKK (Tempat Kejadian Kebakaran) dan melakukan pemadaman. Sayangnya, kondisi kobaran api sudah cukup besar dan menghabiskan rumah tersebut. Pemadaman dilakukan untuk menghentikan kebakaran dan bahaya rambatan api ke lokasi sekitar.

    Tidak terdapat korban manusia akibat kejadian ini, tetapi kerugian material ditaksir mencapai sekitar 45 juta rupiah. Kondisi rumah Ibu Iso sendiri mengalami rusak parah, hangus, dan tidak dapat dihuni lagi, hanya menyisakan puing-puing dan bekas rangka rumah yang memprihatinkan. Korban kebakaran untuk sementara harus mengungsi ke rumah saudara atau kerabat terdekat sambil menunggu perbaikan rumahnya.

    Kejadian rumah terbakar akibat lalai meninggalkan tungku yang sedang menyala cukup sering terjadi dan patut menjadi perhatian bersama. Terlebih masih cukup banyak rumah tradisional yang menggunakan alat memasak berupa tungku yang berbahan baku kayu kering saat menyalakan api. Kelalaian sedikit saat meninggalkan tungku yang menyala, dapat mendatangkan musibah yang sangat besar.

    Sumber: @damkarkab.ciamis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi