• FYI

    30 Maret 2021

    Cepat Tanggap Respon Laporan Warga, Pemkab Ciamis Langsung Fasilitasi Perbaikan Jalan di Kedungpanjang


    Pemerintah Kabupaten Ciamis menanggapi cepat laporan warga RW 02 Kedungpanjang, Maleber, terkait jalan yang berlubang-lubang dan sangat membahayakan pengendara, tepatnya di sekitar area Jembatan Cileueur, Jalan RE Martadinata, Ciamis.

    Laporan warga bahkan sempat diwarnai ‘aksi penanaman’ pohon singkong di lubang-lubang jalan yang terletak hanya beberapa ratus meter dari pusat pemerintahan Kabupaten Ciamis tersebut. Unggahan yang dibagikan ulang oleh akun @ciamis.info pada hari Sabtu (27/3/2021) ini mendapat banyak atensi warganet dan mengundang beragam tanggapan.

    Baca: Ini Alasan di balik Aksi Penanaman Pohon di Jalan Raya oleh Warga Kedungpanjang

    Diketahui, lokasi lubang-lubang yang bervariasi ukuran dan kedalamannya ini berada di jalan yang merupakan jalur utama Ciamis-Kawali atau menuju ke arah Cirebon, dan berstatus jalan nasional, sehingga memiliki kepadatan arus lalu-lintas yang cukup tinggi. Warga berharap ada perbaikan kondisi jalan dengan segera, karena sangat membahayakan dan telah jatuh korban luka akibat kecelakaan.


    Beberapa pengguna jalan juga menyebutkan, lubang yang tertutup air di saat turun hujan kadang tidak langsung kelihatan, dan dapat membuat sepeda motor terjatuh. Terdapat pula keluhan potensi kerusakan ketika sepeda motor ‘menginjak’ lubang tersebut.

    Gayung bersambut, Pemkab Ciamis segera menerjunkan tim untuk meninjau kondisi di lapangan dan langsung menindaklanjuti laporan warga Kedungpanjang, Maleber. Penambalan sementara dilakukan oleh dinas terkait pada hari Senin, 29 Maret 2021, sekitar pukul 8.00 WIB dan disambut gembira masyarakat setempat. Senin malam, kondisi terkini sudah dilaporkan warga Kedungpanjang, yakni bahwa arus lalu lintas lancar tanpa ada lagi kekhawatiran, karena lubang-lubang sudah berhasil ditutup.

    Namun demikian, tak hanya berhenti di penambalan sementara, pada hari Selasa (30/3/2021) para petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis, kembali datang untuk melakukan pengaspalan hotmix di atas permukaan yang sudah ditambal sementara tersebut.


    Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya menyampaikan kepada CIAMIS.info, menyambut baik aspirasi warga yang disampaikan melalui media sosial. Ia berharap informasi yang disampaikan warga dapat semakin memberi manfaat bagi kemajuan Kabupaten Ciamis ke depannya.

    “Kami akan selalu berusaha secepatnya menindaklanjuti laporan warga. Jalan ini sebenarnya statusnya jalan nasional, tetapi Pemkab Ciamis melalui Dinas PUPRP Kabupaten Ciamis telah berkoordinasi dengan satker terkait, untuk memfasilitasi perbaikan secepatnya,” ungkapnya.

    Perbaikan kondisi jalan di wilayah Maleber yang telah dilaksanakan ini, diharapkan dapat memberi keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan, dan menghindarkan dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi