• FYI

    30 Maret 2021

    Peringati Hari Air dan Hari Hutan Sedunia, Pecinta Alam Ciamis Lakukan Penanaman Pohon di Cikujang Hilir


    Sekitar 80 orang mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum ikut hadir di dalam kegiatan “Sinergitas Penanaman Pohon” yang dilaksanakan pada hari Minggu (28/3/2021) bertempat di Dusun Cikujang Hilir, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis.

    Penanaman pohon tersebut merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Hutan Sedunia (International Day of Forests) yang jatuh pada tanggal 21 Maret, dan Hari Air Sedunia (World Water Day) yang jatuh pada tanggal 22 Maret.

    Kegiatan yang digelar oleh organisasi pecinta alam Damapala (Darussalam Mahasiswa Pecinta Alam) bekerja sama dengan komunitas Ciamis Clean Action, Bank Sampah Ciamis dan berbagai pihak terkait tersebut mengambil tema “Lestarikan Hutan dan Jaga Sumber Mata Air”.

    Pemilihan lokasi kegiatan yang berada di kaki Gunung Sawal menyiratkan kepedulian para penggerak kegiatan untuk merealisasikan tema yang sudah ditetapkan. Sebagaimana diketahui, Gunung Sawal merupakan kawasan yang dilindungi dan menjadi penyangga utama ketersediaan air bagi masyarakat di wilayah sekitarnya. Dalam beberapa tahun terakhir, muncul kekhawatiran tentang kondisi hutan di gunung tersebut.

    Fifi, salah satu peserta, datang bersama teman-temannya, para anggota kelompok siswa pecinta alam Sispala Grilis MAN 5 Ciamis. Mereka datang dari Panjalu untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Tak hanya Fifi dan kawan-kawan, turut hadir juga para peserta dari kelompok mapala dan sispala di wilayah Ciamis, dan beberapa peserta datang dari Tasikmalaya.

    Kegiatan penanaman pohon berlangsung lancar, dimulai dengan upacara pembukaan pada pukul 8.00 pagi dan berakhir pada pukul 14.00 WIB. Para peserta menanam bibit pohon pada area yang telah ditentukan, dengan arahan dari pihak panitia pelaksana.

    Kegiatan reboisasi semacam ini, selain meberi kontribusi pada penyelamatan alam, sesuai dengan semboyan “Bakti Alam untuk Masa Depan” dan “Small Act for Better Future”, juga memberi kesan bagi generasi muda untuk lebih mencintai alam.

    Bagi para pecinta alam, ajang seperti ini juga sekaligus menjadi silaturahmi dan berbagi wawasan, untuk menciptakan sinergi dalam aksi-aksi mendatang untuk menunjukkan kepedulian pada kelestarian alam.

    Foto: @fifi_melow
    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi