• FYI

    27 Maret 2021

    Di Pangkalan el-BAS Daarul Ma'arif, Kak Nanang Ajak Pramuka Ciamis Jaga dan Rawat Lingkungan



    Pangkalan Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah el-BAS Pondok Pesantren Daarul Ma’arif Ciamis mendapat kunjungan istimewa dari Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis, H. Nanang Permana, S.H.

    Kunjungan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Maret 2021, pada sekitar pukul 14.00 WIB, bertempat di Jl. Angganaya No. 37, RT 06 RW 10, Dusun Ciwahangan, Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

    Kehadiran Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis yang sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Ciamis tersebut disambut langsung oleh DR. K.H. Kusoy Fadiliyah, M.Si., yang merupakan pimpinan Pondok Pesantren Daarul Ma'arif dan sekaligus Inspektur Wilayah I Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI.



    Kehadiran Kak Nanang, demikian panggilan akrab Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis tersebut, adalah dalam rangka pengecekan dan peninjauan Pangkalan MA dan MTs el-BAS Pondok Pesantren Daarul Ma’arif, dan sekaligus menyaksikan pembukaan latihan kepramukaan di kedua sekolah ini.

    Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis yang dilantik pada Senin, 21 Desember 2020, untuk masa kepemimpinan periode 2020-2025 tersebut, juga bertindak sebagai pembina pada upacara yang digelar di Lapangan Kompleks l Pondok Pesantren Daarul Ma'arif.

    Kak Nanang, dalam amanatnya di hadapan peserta upacara, menyampaikan nilai-nilai dalam kepramukaan yang penting dan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama Dasa Dharma poin kedua, yakni "Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia".



    Ia mengungkapkan, para anggota pramuka sudah sepatutnya memiliki rasa tanggung jawab terhadap alam dan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut terkait dengan fungsi kepemimpinan yang melekat pada diri manusia.

    "Sebagai manusia, kita jangan hanya menjadi ‘khalifah linnas’ atau pemimpin bagi manusia, tetapi juga ‘khalifah fil ard’ atau pemimpin bagi alam sekitar,” tuturnya.

    Perwujudan nilai-nilai tersebut, imbuhnya, yakni dengan senantiasa menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya di dalam kehidupan sehari-hari.

    Rangkaian kegiatan berjalan lancar dan diikuti oleh sekitar 300 orang anggota pramuka dari kedua sekolah, jajaran guru/ustadz dan staf Pondok Pesantren Daarul Maarif. Turut hadir pula menyaksikan kegiatan ini perwakilan kalangan media.

    Kontributor: Chandra Nurpadillah
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi