• FYI

    15 April 2021

    Mengenal TKSCI Galuh Ciamis, Keluarga Kedua para Pecinta Toyota Kijang Super



    Tak kurang dari 30 unit kendaraan Toyota Kijang Super berkumpul dan melaksanakan kopi darat sambil munggahan pada hari Sabtu (10/4/2021), bertempat di obyek wisata Wana Sayang Kaak, Handapherang, Cijeungjing, Ciamis.

    Terselenggaranya kopdar munggahan tersebut seolah mengukuhkan ikatan persaudaraan yang terjalin di antara anggota TKSCI (Toyota Kijang Super Community Indonesia) Galuh Ciamis, meskipun komunitas tersebut sempat vakum kegiatan selama berbulan-bulan akibat kebijakan pemerintah untuk membatasi aktivitas masyarakat sebagai upaya penanganan pandemi COVID-19.

    Baca juga: Kembali Berkumpul setelah Berbulan-bulan Vakum Kegiatan, TKSCI Galuh Ciamis Gelar Kopdar Munggahan

    Penundaan berbagai kegiatan rutin yang sudah terjadwal, menimbulkan kerinduan tersendiri. Terlebih, bagi para member, TKSCI Galuh Ciamis bukan sekadar kumpul-kumpul belaka. Kepada CIAMIS.info, beberapa member membagikan kesan-kesan mereka setelah bergabung dengan komunitas ini.

    Maman Suherman, seorang wiraswastawan, tak ragu-ragu menyebut TKSCI Galuh Ciamis merupakan keluarga kedua baginya.

    “Ini keluarga kedua bagi saya. Dari komunitas ini saya mendapat banyak ilmu dan pembelajaran hidup, dan semakin hari semakin bertambah saudara,” ungkapnya.

    Ia berharap TKSCI Galuh Ciamis bertambah solid dan sukses, serta selalu menjadi pelopor tertib berlalu lintas.

    Senada dengan Maman, seorang member lainnya, Nurdiana yang sehari-hari berprofesi sebagai guru, mengaku merasakan banyak manfaat yang diperolehnya dengan menjadi anggota TKSCI Galuh Ciamis. Dikatakannya, melalui komunitas ini para anggota dapat menambah persaudaraan.

    “Melalui komunitas ini, kita saling berbagi dan saling membantu dengan sesama anggota, maupun dengan masyarakat,” ungkapnya.

    Oda Arip Hidayat yang sehari-hari bekerja sebagai wiraswastawan, juga bersyukur mendapat banyak saudara baru dengan bergabung di komunitas TKSCI Galuh Ciamis. Ia mengaku mendapat banyak pengalaman dalam bidang otomotif, khususnya menyangkut mobil toyota kijang, dan sangat terkesan ketika melihat banyaknya mobil yang sejenis dengan yang dimilikinya. Ia berharap setiap anggota dapat menjaga kekompakannya.

    Sementara itu, bagi Yeyep Ardiansyah, seorang pendamping PKH, keberagaman usia dan profesi anggota menjadi sebuah berkah tersendiri, sebab dirinya dapat menimba ilmu dan pengalaman dari para anggota lainnya.

    “Bergabung di TKSCI Galuh Ciamis serasa memiliki keluarga baru, keluarga yang disatukan karena satu hobi dan memiliki jenis kendaraan yang sama,” tuturnya.

    “Yang utama, bergabung di sini memang menambah keluarga dan persaudaraan,” timpal Abdul Rojak, seorang member lain yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan.

    Anggi Agustyan, sehari-hari bekerja sebagai asisten apoteker, juga mengamini pernyataan para member yang lain. Ia merasa bersyukur bisa bersilaturahmi dan mendapat banyak pengalaman tentang bagaimana kebersamaan.

    “Semoga kita dapat terus kompak dan bisa membantu satu sama lain,” tuturnya.

    Ketua TKSCI Galuh Ciamis Devi Yulviana berharap komunitas yang dipimpinnya terus berkembang dan terus membawa manfaat bagi para anggota maupun masyarakat luas.

    “Kami berharap ada member dari tiap daerah di wilayah Kabupaten Ciamis, sehingga bisa lebih tahu seluruh wilayah Ciamis, dan juga apabila kita sedang melaksanakan perjalanan, kemudian ada trouble dengan kendaraan yang kita bawa, minimal kita punya saudara di wilyah tersebut yang bisa membantu. Jadi, kata orang tua mahteu pareumeun obor’ (kehilangan kabar keberadaan saudara),” ungkapnya.

    Diungkapkannya, hingga kini tercatat sudah lebih dari 100 orang anggota yang mendaftarakan diri di TKSCI Ciamis. Komunitas tersebut berdiri di Ciamis pada bulan Nopember 2016, atau dua tahun setelah TKSCI Nusantara dibentuk pada tahun 2014.

    Keanggotaan TKSCI, imbuhnya, sangat terbuka bagi semua usia dan kalangan. Syarat utamanya yaitu memiliki mobil Kijang Super, yang mencakup beberapa model: Super, Grand, Grand Extra, Commando, Montana, Kencana, dan Rover. Jenis kendaraan ini memiliki rentang tahun keluaran antara 1986 sampai dengan 1997.

    Ia mempersilakan masyarakat untuk melihat-lihat geliat aktivitas TKSCI Galuh Ciamis melalui media sosial Facebook TKSCI Chapter Galuh Ciamis, maupun Instagram @tksci_galuh.

    Penulis: @ciamisnulis
    Foto: @aris6881
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi