• FYI

    15 April 2021

    Orientasi Mabigus Kembali Digelar Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis


    Orientasi Mabigus (Majelis Pembimbing Gugus Depan) kembali diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis dan sudah memasuki angkatan ke-3. Meski berlangsung di tengah suasana bulan suci Ramadan, kegiatan tetap berlangsung dengan penuh semangat dan berjalan lancar.

    Panitia dan peserta menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan orientasi yang ditujukan bagi para perwakilan Majelis Pembimbing Gugus Depan dari berbagai SMP dan MTs (Madrasah Tsanawiyah) di wilayah Kabupaten Ciamis tersebut.

    Orientasi Mabigus Angkatan ke-3 ini dilaksanakan pada hari Kamis (15/4/2021), bertempat di Aula PGRI Kecamatan Kawali, dan dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis, H. Nanang Permana S.H., yang juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis.

    Sebelumnya, Orientasi Mabigus Angkatan ke-1 dilaksanakan pada hari Rabu (7/4/2021), bertempat di Aula Dasa Dharma Kwarcab Ciamis, Jl. Jenderal A. Yani No. 134, Kertasari, Ciamis. Kegiatan ini dibuka resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Dr. H. Tatang, M.Pd., selaku Sekretaris Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang) Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis.

    Orientasi Mabigus Angkatan ke-1 tersebut diikuti oleh 40 orang peserta yang merupakan perwakilan Majelis Pembimbing Gugus Depan dari SMP dan MTs (Madrasah Tsanawiyah) se-Wilayah 1 Kabupaten Ciamis.

    Selanjutnya, Orientasi Mabigus Angkatan ke-2 diselenggarakan pada hari Sabtu (10/4/2021), mengambil tempat di SDN 4 Panjalu, dan diikuti oleh 46 orang perwakilan Mabigus SMP dan MTs se-Wilayah 2 Kabupaten Ciamis.

    Kegiatan Orientasi Mabigus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis direncanakan akan berlangsung hingga 5 angkatan, dan mengambil rentang waktu 7-27 April 2021. Pembagian kegiatan Orientasi Mabigus dalam beberapa angkatan tersebut, di satu sisi dinilai lebih sesuai pada saat masih berlangsungnya penanganan pandemi saat ini, karena menghindarkan berkumpulnya peserta dalam jumlah yang terlalu banyak.

    Orientasi Mabigus berperan penting dalam meningkatkan pemahaman para peserta tentang fungsi Mabigus, baik tugas, tanggung-jawab, maupun kepramukaan, sehingga pada saatnya akan memberi dampak positif pada pembinaan Gerakan Pramuka di gugus depan masing-masing.

    Sumber: @kwarcab.ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi