• FYI

    16 April 2021

    Damkar Ciamis Distribusikan Air Bersih pada Warga Terdampak Banjir di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog


    Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis melalui Pos WMK Banjarsari merespon cepat permintaan Pemerintah Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, untuk melakukan suplay air bersih bagi warga di wilayah yang baru saja dilanda banjir tersebut.

    Pendistribusian dilaksanakan oleh petugas Damkar Ciamis pada hari Kamis (15/4/2021), bekerja sama dengan PDAM Tirta Galuh yang memiliki pasokan air bersih di wilayah Kecamatan Purwadadi. Kegiatan pendistribusian berlangsung pada pukul 9.00 WIB pagi hingga pukul 16.00 WIB sore, mengambil tempat di wilayah RT 01 RW 01 Dusun Desa, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis.

    Sebelumnya, Pemerintah Desa Ciparay telah mengirimkan surat permintaan bantuan suplay air dengan nomor 410/58/DS/2021 yang ditujukan kepada Damkar Ciamis. Diketahui, warga setempat mengalami kesulitan air bersih, setelah terdampak banjir yang diakibatkan oleh meluapnya Sungai Ciseel pada hari Rabu (14/4/2021) malam.

    Luapan air Sungai Ciseel mengakibatkan banjir di beberapa tempat di desa tersebut, dan sempat dilaporkan oleh banyak warganet melalui media sosial, sebagaimana terlihat pada banyaknya tampilan repost pada story akun instagram @ciamis.info pada malam tersebut.

    Luapan air yang menggenangi kawasan pemukiman warga disebabkan oleh meningkatnya debit Sungai Ciseel, setelah turun hujan sangat lebat selama berjam-jam di wilayah tersebut. Hujan berlangsung dari mulai pukul 15.00 hingga pukul 18.00 WIB dan menyebabkan air sungai meluap dan beberapa tempat langsung tergenang. Genangan air tersebut menyebabkan air sumur menjadi keruh dan warga mengalami kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

    Damkar Ciamis mengirimkan 4 orang petugas dari Pos WMK Banjarsari, dengan menggunakan 1 unit kendaraan pancar bernopol Z 9915 V untuk mengambil air bersih dan mendistribusikannya pada warga Desa Ciparay yang amat membutuhkan pasokan tersebut.

    Warga setempat menyambut baik bantuan air bersih yang sangat dibutuhkan tersebut dan rela bersabar mengantri untuk mendapatkan bagian. Mereka membawa berbagai macam wadah untuk diisi air yang dibagikan petugas. Selanjutnya, proses pemulihan air sumur akan membutuhkan waktu hingga menjadi bersih dan dapat digunakan kembali.

    Sumber: @damkarkab.ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi