• FYI

    14 April 2021

    Munggahan ala Santri Meriahkan Suasana Pondok Pesantren Cijantung


    Kehadiran bulan puasa disambut gembira oleh masyarakat muslim di mana-mana. Terlebih, kerinduan dan kegembiraan seorang muslim dalam menyambut bulan Ramadan diyakini sebagai salah satu akhlak yang baik.

    Berbagai kegiatan diselenggakan untuk menunjukkan kegembiraan ini, sekaligus sebagai sebagai syiar Islam dan mengajak kepada semua kaum muslimin untuk bersiap menghadapi bulan suci. Masyarakat Ciamis dan Jawa Barat umumnnya mengenal istilah munggahan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan tersebut.

    Datangnya pandemi COVID-19 yang sudah setahun lebih menyerang seluruh dunia, termasuk di Indonesia, telah banyak membawa dampak kepada semua lapisan masyarakat. Tak terkecuali pada para santri yang sedang menuntut ilmu di Pondok Pesantren Al-Quran Cijantung, Ciamis, salah satu pondok terkemuka yang telah banyak melahirkan alumni ahli qura di tingkat nasional maupun internasional.

    Alih-alih meliburkan para santri di awal bulan Ramadhan, yang akan cukup merepotkan jika dilakukan, karena terkait protokol masuk-keluar pondok nantinya, dan berbagai pertimbangan lain, maka Majelis Pengurus Santri Ponpes Cijantung memilih mengadakan kegiatan munggahan sederhana di lingkup internal pondok.

    Munggahan sederhana ala santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Cijantung tersebut diselenggarakan mulai hari Kamis (8/4/2021), bertempat di lingkungan pondok yang beralamat di Jl. Raya Ciamis-Banjar km 3, Dusun Cijantung, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

    Kegiatan ini diselenggarakan oleh Majelis Pengurus Santri dengan mengambil tema "Menjadikan Ramadhan sebagai Sarana Peningkatan Integritas dan Profesionalitas" dan diikuti oleh seluruh santri pondok. Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan, di antaranya futsal dan adu ketangkasan di atas kolam.

    Kegiatan munggahan ini diisi dengan satu mata lomba untuk setiap harinya dan disambut antusias para santri. Selain menyiarkan kehadiran bulan suci, kegiatan ini membawa nuansa hiburan bagi para santri. Keceriaan erlihat dari reaksi mereka ketika melihat rekan sesama santri sedang mengikuti adu bantal di atas kolam, atau pada saat melihat para santri bersarung memainkan bola di ajang futsal.

    Pondok Pesantren Al-Quran Cijantung yang memiliki tagline “Ngaji berbakti untuk Negeri, Sholat bekal untuk akhirat. Cijantung, ngancik Dina Jajantung.” ini merupakan salah satu pondok pesantren Al-Quran tertua di Jawa Barat yang menjadi tujuan mereka yang ingin mendalami pendidikan agama Islam, khususnya ilmu-ilmu Al-Quran.

    Kontrubutor: @lusi.widianingsih
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi