• FYI

    23 Mei 2021

    1 Jam Galang Donasi, Pemuda Cikole Cihaurbeuti Raup Rp 4 Juta untuk Rakyat Palestina


    Beragam cara dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat Tatar Galuh Ciamis dalam menunjukkan dukungan pada perjuangan bangsa Palestina yang mengalami penderitaan luar biasa di tengah-tengah gempuran Israel, dalam perang yang berlangsung sebelas hari beberapa waktu lalu.

    Para pemuda dari organisasi IPEC (Ikatan Pemuda Cikole) memilih melakukan aksi nyata penggalangan dana secara langsung ke rumah-rumah warga di wilayah Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, pada hari Jumat (21/5/2021), mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai.

    Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari warga masyarakat setempat dan berhasil mengumpulkan donasi spontan sebesar Rp 4 juta. Uang tersebut diserahkan secara sukarela oleh masyarakat yang didatangi para pemuda anggota IPEC yang berkeliling dari rumah ke rumah dan mengajak menunjukkan solidaritas kemanusiaan pada rakyat Palestina.

    Donasi dari warga Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, sebesar Rp 4 juta untuk rakyat Palestina diperoleh hanya dalam waktu relatif singkat, yakni satu jam saja. Puluhan pemuda anggota IPEC menyisir wilayah Desa Cijulang dan berhasil mengumpulkan donasi tersebut. Hal ini disambut gembira dan mendapat apresiasi berbagai pihak.

    Wakil Ketua Boyke Banu Aji, berbicara mewakili Ketua IPEC Iman Saiman, menyatakan bahwa penggalangan dana ini merupakan bentuk kepedulian warga Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, kepada masyarakat Palestina.

    “Situasi Palestina yang diserang dan mendapat pengeboman bertubi-tubi oleh zionis Israel, telah menyebabkan banyak korban jiwa, terutama sipil dan anak-anak. Karenanya, kami sedikit membantu Palestina dengan menggalang dana,” ungkapnya.

    Donasi yang terkumpul, sebanyak Rp 4 juta, kemudian diserahkan melalui lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Kota Tasikmalaya. Pemilihan ACT Cabang Tasikmalaya tersebut semata-mata karena alasan lokasi yang lebih dekat dengan Cihaurbeuti, dan waktu yang sempit, agar dana segera disampaikan melalui lembaga terpercaya. Diketahui, ACT Cabang Ciamis berlokasi di kota Ciamis, sementara lokasi Cihaurbeuti cukup dekat ke arah Kota Tasikmalaya.

    Atas penyerahan donasi tersebut, pihak ACT Tasikmalaya memberi tanda bukti dan apresiasi dalam bentuk sertipikat Penghargaan Kemanusiaan kepada Ikatan Pemuda Cikole.

    Pihak IPEC melalui CIAMIS.info menyampaikan harapan, kegiatan para pemuda Desa Cikujang ini dapat menjadi motivasi penyemangat bagi semua generasi muda Tatar Galuh Ciamis untuk bersama-sama melakukan gerak langkah solidaritas dan dukungan kemanusiaan bagi Palestina di wilayah masing-masing.

    Kontributor: @itsipec
    Editor: @ciamismanis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi