• FYI

    24 Mei 2021

    Ingin Sarapan Kuliner Khas Sunda di Kota Ciamis? Jongko Sorabi Teh Eros Bisa Jadi Jawabannya!


    Warga Tatar Galuh yang merindukan makanan tradisional surabi, atau sering juga disebut sorabi, tak usah bingung untuk mencarinya di seputaran kota Ciamis. Makanan khas Sunda tersebut, yang di dalam bahasa Indonesia disebut kue serabi, masih dapat ditemukan dengan relatif mudah di wilayah Ciamis, asalkan mengetahui lokasi para penjualnya.

    Salah satu penjual yang dapat direkomendasikan adalah jongko sorabi Teh Eros yang beralamat di Jl. Koperasi, Ciamis. Letak penjual sorabi ini berada di depan sebuah bengkel cat mobil, dan relatif mudah ditemukan.

    “Usaha kuliner sorabi ini sepertinya dikelola keluarga, terlihat dari cukup banyaknya kru yang ikut serta melayani pembeli,” tutur kontributor CIAMIS.info Gilang Kusumah saat menyambangi lokasi jongko kuliner tradional tersebut, Sabtu (22/5/2021).

    Jongko sorabi Teh Eros yang sudah cukup dikenal masyarakat tersebut buka setiap harinya mulai pukul 5.30 WIB, dan tutup pada sekitar pukul tujuh pagi, atau jika sudah habis jualannya. Waktu buka jongko tersebut yang relatif pagi, sangat cocok untuk mereka yang ingin mencari kuliner tradisional untuk sarapan.

    Sorabi di dalam khazanah masyarakat Sunda dikenal sebagai kuliner yang dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa dan diberi sedikit garam. Adonan tersebut dilarutkan dengan air secukupnya, lalu dimasak pada cetakan khusus, yang secara tradisional biasanya terbuat dari tanah, dan ditutup agar tidak kotor serta cepat matang.

    Jongko sorabi Teh Eros menyediakan berbagai macam varian untuk dipilih oleh pembeli, di antaranya sorabi polos (original tanpa topping apa-apa), sorabi oncom, sorabi oncom telor, dan sorabi amis (manis dengan menggunakan gula merah).

    Semua varian sorabi tersebut dapat dibeli dengan harga yang cukup ekonomis, yakni hanya Rp 5.000 untuk 4 buah sorabi, atau terhitung Rp 1.250 untuk setiap sorabinya. Sementara itu, harga sorabi oncom telor dipatok Rp 5.000 per satuannya.

    Tak hanya menyediakan sorabi, warung ini juga menyajikan nasi kuning dan nasi TO (tutug oncom) dengan harga terjangkau, yakni cukup dengan Rp 7.000 saja per porsinya. Tersedia juga pelengkap berupa bala-bala dan gorengan sebagai tambahannya. Satu lagi yang merupakan khazanah kuliner yang khas berasal dari Ciamis, yakni colok gembrung, juga tersedia di jongko Teh Eros ini.

    Tertarik mencoba sorabi di jongko sorabi Teh Eros? Silakan berkunjung ke lokasi ini untuk menikmati menu yang tersedia, sembari mendukung pelaku kuliner tradisional Tatar Galuh yang terus berjuang di tengah gempuran berbagai kuliner moderen yang semakin menjamur di mana-mana.

    Kontributor: @gilang.ksmh
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi