• FYI

    25 Mei 2021

    Wisata Alam Pasirbentang, Rekomendasi Tempat Ngopi Santai di bawah Hutan Pinus Rindang


    Beberapa waktu terakhir ini, Wisata Alam Pasirbentang mulai mencuri perhatian warga Ciamis dan sekitarnya. Pemicunya, seperti biasa, publikasi ala warganet yang mulai bertebaran di media sosial, semacam instagram dan facebook. Tak pelak, mulai banyak yang bertanya-tanya, di mana lokasi wisata alam ini.

    Wisata alam yang menyuguhkan suasana hutan pinus nan rindang dan menyegarkan pikiran ini terletak di Dusun Gunungbangka, Desa Sukamanah, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Sebagai bantuan penuntun arah perjalanan, pengunjung dapat melihat terlebih dulu lokasi Wisata Alam Pasirbentang ini di Google Maps, dengan cara klik di sini.

    Suasana hutan pinus Pasirbentang yang jauh dari hiruk pikuk kota dengan segala kebisingannya, dan udaranya yang bersih karena berada di kaki Gunung Sawal, sangat cocok untuk melepaskan penat akibat kesibukan sehari-hari. Pengunjung dapat menghabiskan waktu berlama-lama untuk bersantai di sini, bersama teman atau keluarga tercinta. Selain duduk-duduk sambil ngobrol ringan, pengunjung dapat mendirikan tenda atau sekadar hammocking.

    Rute yang paling mudah untuk mencapai lokasi adalah dengan melalui jalur Jalan Cihaurbeuti, lalu berbelok ke Jl. Sukahurip, dilanjutkan mengikuti jalur tersebut hingga di parkiran yang terletak di wilayah Dusun Gunungbangka, dan sudah tak jauh lagi dari Pasirbentang.

    Jika pengunjung berangkat dari kota Ciamis, maka lokasi wisata ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 45 menit saja, sehingga dapat dikatakan tak terlalu jauh untuk dituju. Kondisi jalan pun sudah cukup baik untuk ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

    Parkir motor dan mobil masih dikelola dengan sederhana dan tanpa menetapkan biaya parkir, cukup seikhlasnya saja. Hal ini tidak lepas dari proses penataan yang masih terus berlangsung.

    “Masih dalam (proses) penataan, tetapi terhambat dana, karena kita masih mandiri dengan modal tenaga dan keinginan,” tutur Tomy, salah seorang pengelola Wisata Pasirbentang, kepada CIAMIS.info.

    Wisata Pasirbentang menyediakan bumi perkemahan yang dikelola sepenuhnya oleh warga setempat melalui LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Sarimukti, Desa Sukamanah, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. LMDH lazimnya dibentuk untuk membangun kemitraan antara pihak warga desa dengan Perhutani sebagai pemangku kuasa pengelolaan hutan di sekitar Gunung Sawal.

    Pengunjung yang berminat berkemah di Pasirbentang juga belum ditetapkan untuk membayar tarif sewa lapak per tenda seperti yang berlaku di beberapa lokasi lain, dan benar-benar masih memberi seikhlasnya saja jika ingin mendukung pengelola. Namun, pengunjung wajib membawa peralatan dan kelengkapannya sendiri, sebab pengelola belum menyediakan persewaan alat-alat outdoor. Selain itu, jangan lupa pula melapor dulu ke pihak pengelola.

    Satu hal yang istimewa, di lokasi wisata Pasirbentang terdapat sebuah cafe bernama Kedai Kopi Galatani. Kedai kopi ini dikelola oleh para pemuda setempat dan menyajikan kopi lokal dengan penyajian ala barista yang tak kalah kualitas dan kenikmatannya. Pendek kata, patut dicoba.

    Baca juga: Kedai Galatani Kopi, Wujud Semangat Para Petani Muda yang Patut Diapresiasi

    Tak jauh dari lokasi Pasirbentang, terdapat pula air terjun bernama Curug Cinarimang, yang mengalirkan air dari Gunung Sawal. Sudah pasti, jernih dan menyegarkan. Pengunjung dapat mengunjungi curug ini dengan berjalan kaki lebih kurang 20 menit saja, sehingga bisa menjadi aktivitas hiking ringan yang menyenangkan.

    Tertarik berkunjung ke Wisata Alam Pasirbentang? Yuk, jadwalkan!

    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi