• FYI

    26 Mei 2021

    Ratusan Jamaah Ikuti Salat Gerhana Bulan di Masjid Agung Ciamis


    Tak kurang dari 300-an orang jamaah yang berasal dari lingkungan kota Ciamis dan sekitarnya, menghadiri pelaksanaan salat khusuf (salat gerhana bulan) yang diselenggarakan oleh DKM Masjid Agung Ciamis, pada hari Rabu (26/5/2021) mulai pukul 18.00 WIB hingga selesai.

    Sebelumnya, undangan untuk menghadiri kegiatan tersebut sudah beredar melalui saluran komunikasi warga, dan di antaranya dipublikasikan pula oleh akun instagram @ciamis.info mulai hari Senin (24/5/2021).

    Pelaksanaan salat gerhana bulan tersebut merupakan tuntunan agama yang telah disyariatkan dengan panduan yang jelas dan menjadi pegangan umat Islam dalam mengerjakannya. Kaum muslimin mengenal salat kusufain atau salat dua gerhana, yakni salat gerhana matahari (salat kusuf) dan salat gerhana bulan (salat khusuf).

    Diketahui, kehadiran gerhana bulan total yang populer disebut dengan ‘super blood moon’, yang bertepatan dangan tanggal 14 Syawal 1442 H, telah diumumkan oleh BMKG dan disambut kaum muslimin dengan gaung ajakan mendirikan salat khusuf (salat gerhana bulan).

    CIAMIS.info menerima banyak kiriman foto dari para warganet di beberapa tempat yang melaporkan peristiwa gerhana bulan ini, sekaligus lantunan takbir yang terdengar melalui pengeras suara dari masjid di lingkungan masing-masing.

    Para jamaah yang berkumpul dan mengikuti rangkaian kegiatan salat khusuf di Masjid Agung Ciamis, selepas mendirikan salat magrib, mulai melantunkan suara takbir hingga saat pelaksanaan salat gerhana bulan dimulai.

    Jumlah jamaah yang hadir dalam pelaksanaan salat khusuf ini terlihat relatif sedikit jika dibandingkan dengan daya tampung masjid. Namun demikian, tampak jamaah dewasa, anak-anak dan kaum muslimat ikut serta menghadiri undangan salat ini.

    Bertindak sebagai imam pada kesempatan salat khusuf ini, Ustaz Dadang Musaddad, Lc., sedangkan khutbah disampaikan oleh K.H. DR. Aip Maftuh. Pelaksanaan salat dan khutbah, hingga keseluruhan acara selesai, berlangsung dengan baik dan lancar.

    Khatib dalam isi khutbahnya mengajak jamaah yang hadir untuk mengingat dan menyadari keagungan Allah SWT melalui peristiwa gerhana bulan, dan senantiasa berzikir serta berdoa demi kebaikan bangsa. Acara salat khusuf (gerhana bulan) berakhir pada waktu isya, dan tidak ada kegiatan lainnya.

    Kontributor: @ardhan.mad
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi