• FYI

    17 Mei 2021

    Warga Kampung Mendem Meriahkan Lebaran 1442 H dengan Panjat Pinang


    Semarak suasana Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 1442 H masih terus bergema di seluruh wilayah Tatar Galuh Ciamis. Tak terkecuali di Kampung Mendem, Desa Panaragan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Warga masih melanjutkan kemeriahan Lebaran, meski tahun ini ancaman pandemi Covid-19 masih terus membayangi.

    Kegiatan perayaan Lebaran dilaksanakan oleh para pemuda kampung Mendem (Redalpo) dan DTA Nurul Huda pada hari Minggu (16/5/2021), bertepatan dengan 4 Syawal 1442 H. Acara ini berlangsung dari pukul 15.00 WIB hingga selesai. Kegiatan yang digelar panita, meliputi imtihan DTA Nurul Huda, hiburan panjat pinang dan acara pengajian malam.

    Salah satu kegiatan yang sangat menarik perhatian warga, yaitu panjat pinang yang melibatkan para pemuda setempat. Lomba panjat pinang ini lazim pula diselenggarakan dalam perayaan hari kemerdekaan RI, dan selalu riuh rendah oleh teriakan dukungan para penonton.

    Pada perayaan Lebaran 1442 H kali ini, diperkirakan sekitar 200 orang warga Kampung Mendem, baik tua-muda maupun laki-laki dan perempuan, menghadiri acara ini dengan penuh antusias. Acara yang digelar khusus hanya untuk warga setempat ini memang sudah cukup lama dinantikan, terlebih pada tahun kemarin (2020) kegiatan ini ditiadakan karena suasananya masih sangat terpengaruh oleh mulai merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia.

    Erik Munawwar, salah satu warga Kampung Mendem, menyambut gembira perayaan Idul Fitri yang dilaksanakan pada tahun ini. Ia mengaku, dirinya dan warga setempat sudah lama merindukan dapat menghadiri lagi kegiatan yang meriah seperti ini.

    “Acara ini sangat positif sekali, karena menghadirkan kemeriahan suasana Lebaran, apalagi sudah vakum selama satu tahun, karena tahun kemarin masih marak tentang pandemi covid,” tuturnya pada CIAMIS.info.

    Kontributor: @raiginrestu
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi