• FYI

    17 Juni 2021

    Tetap Eksis sejak Tahun 1975, Bala-bala Komar Setia Sajikan Kuliner Malam di Kota Ciamis


    Anda yang sedang ingin mencoba kuliner malam di kota Ciamis amat patut mempertimbangkan warung jajanan yang satu ini. Pecinta kuliner Ciamis pastinya tak asing lagi dengan keberadaan Bala-bala Komar alias Balkom yang legendaris di Kota Manis. Penyedia camilan tradisional yang populer di kalangan masyarakat ini sudah eksis melayani para pelanggannya sejak tahun 1975.

    Inayah Wulandari, salah satu anggota keluarga pemilik dan pengelola usaha ini menyebut, Bala-bala Komar dirintis dan dikelola pertama kali oleh abah-nya yang bernama Komar, dan kini dilanjutkan oleh putra Abah Komar tersebut.

    Konon, dulunya Balkom lebih dikenal sebagai ‘Comro Komar’, tetapi sejak bahan baku singkong untuk pembuatan comro menjadi tak terjangkau, usaha ini lebih memfokuskan diri pada produksi bala-bala. Kini, Bala-bala Komar juga menyediakan beragam menu lainnya.

    Bala-bala Komar mulai buka melayani pembeli sekitar pukul 18.00 WIB dan tutup pada lewat tengah malam, sekitar pukul 01.00 WIB lebih. Tak heran, mereka yang kerap beraktivitas malam hari cukup akrab dengan sajian dari Bala-bala Komar.

    “Mereka yang sedang begadang, piket, atau lembur tengah malam pasti kenal Bala-bala Komar,” ungkap Inayah pada CIAMIS.info.

    Ia menambahkan, kuliner legendaris khas Ciamis ini menyajikan bala-bala, gehu dan mendoan dalam ukuran yang relatif kecil, dengan harga hanya Rp 100 saja per butirnya. Harga menu lainnya pun cukup terjangkau dan ekonomis, sehingga dengan anggaran terbatas para pembeli dapat memperoleh beberapa jenis makanan yang diinginkan.

    Tak hanya bala-bala dan gorengan, berbagai menu lainnya memang juga disediakan warung ini. Sebagai gambaran, berikut ini harga beberapa menu dan harganya yang tersedia: Nasi Timbel Rp 1.000, Nasi Piritan Ayam Rp 1.000, Pepes Tahu Rp 2.000, Pepes Ayam Rp 2.000, Sate Usus Rp 2.000, dan Sate Kulit Rp. 2.500. Tersedia juga lalapan dan petai goreng untuk memuaskan hasrat kulineran para pembeli. Khusus untuk sambal, disediakan secara gratis.

    Warung Bala-bala Komar berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 126, Ciamis, Jawa Barat, atau di dekat Kantor Pengadilan Negeri Ciamis. Pesanan juga dapat dilakukan dengan melalui nomor telepon 085222216472.

    Tertarik mencoba rasanya? Yuk, datang ke Balkom alias Bala-bala Komar, kuliner legendaris di Kota Manis Ciamis.

    Foto: @innayahwulandari27
    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi