• FYI

    23 Juli 2021

    Maju ke Tingkat Nasional, Jajaka Ciamis ini Ikuti Pemilihan Putera Puteri Pendidikan Indonesia 2021


    Setelah berhasil meraih posisi 3rd Runner Up Putera Pendidikan Provinsi Jawa Barat tahun 2021 pada bulan Maret lalu, Pratomo, putera daerah dari Desa Panumbangan, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, kembali maju untuk mengikuti event di tingkat nasional.

    Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi yang akrab dipanggil Tomo ini mewakili Provinsi Jawa Barat pada ajang pemilihan Putera Puteri Pendidikan Indonesia tahun 2021. Kegiatan rutin tahunan tersebut diselenggarakan oleh IPPI (Ikatan Pemuda Prestasi Indonesia) dan akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

    Pemilihan Putera Puteri Pendidikan Indonesia diikuti oleh para pelajar, mahasiswa, dan umum, yang berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya mengacu pada indikator penilaian “BEST (Behavior, Beauty, Energic, Smart and Talented), Charismatics & Characteristics”, serta memiliki tujuan umum menjadikan generasi muda Indonesia yang mampu menjadi agent of change melalui kemampuan dan prestasi akademik maupun non-akademik.

    Pemilihan Putera Puteri Pendidikan Indonesia ini juga memiliki tujuan khusus mempromosikan potensi kepemudaan melalui bidang pendidikan, mendukung program pendidikan yang dirancang oleh pemerintah, memberikan edukasi mengenai pentingnya pendidikan kepada masyarakat sebagai salah satu pendukung kemajuan bangsa, membentuk pemuda yang inovatif untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan.

    “Membawa gelar duta pendidikan sangatlah membanggakan namun dibalik kebanggaan ini terdapat suatu amanah dan tanggung jawab, bagaimana kita merepresentasikan pribadi kita, dan juga generasi muda pada umumnya dalam bertingkah laku dan tentunya menjadi contoh,” tutur Tomo pada CIAMIS.info.

    Peserta dari seluruh provinsi yang mengikuti pemilihan Putera Puteri Pendidikan Indonesia diwajibkan membawa misi advokasi tentang pendidikan. Tomo sebagai perwakilan Provinsi Jawa Barat III membawa misi bertajuk ‘Edutainment.id’.

    “Edutainment.id ini merupakan konsep ‘Edukasi dan Hiburan’ yang berfokus pada pemberian informasi untuk anak dan remaja, melalui diskusi yang membahas pengetahuan dan informasi lain yang sesuai dengan usia mereka. Kegiatan ini memperkenalkan pendidikan, baik ranah formal maupun informal, melalui penerapan konsep edutainment, dengan harapan pembelajaran atau proses berbagi pengetahuan tidak berlangsung menjenuhkan karena dibarengi dengan hiburan,” ungkap Tomo.

    Selain berfokus pada advokasi pendidikan, Pemilihan Putera Puteri Pendidikan Indonesia juga akan mengikutsertakan para peserta dalam National Speech Competition, Smart Competition, sport competition, Q&A, Top Model, Traditional Costume, Busana Batik Indonesia, Attitude & Personality, Ujian Duta Pendidikan Indonesia, dan National Conference on Education (NACE 2021) bertema “Towards Better Education Quality in Indonesia”.

    Tomo berharap keikutsertaannya di ajang pemilihan tingkat nasional ini mendapat dukungan semua pihak, terutama dari pihak pemerintah.

    “Sebagai generasi muda yang ingin terus mengukir prestasi baik akademik maupun non akademik, di tingkat daerah, provinsi maupun nasional, saya berharap ke depannya mudah-mudahan pemerintah dalam hal ini lebih peka dan hadir mengapresiasi terhadap putera puteri daerahnya yang membawa nama baik Tatar Galuh Ciamis di berbagai kompetisi. Apresiasi tersebut tentunya menjadi penyemangat untuk generasi muda dalam membawa nama baik Kabupaten Ciamis di berbagai kejuaraan,” ujarnya.

    Ia mengajak generasi muda di Kabupaten Ciamis untuk turut berperan dalam memajukan kabupaten tercinta.

    “Mari bersama sedikit banyaknya berperan dalam ikut mewujudkan Kabupaten Ciamis yang lebih maju. Berkontribusi dan saling memberi semangat untuk menjadi generasi muda yang hadir memberikan manfaat, motivasi, inspirasi, dan menularkan semangat juang dalam meraih prestasi,” pungkasnya.

    Kontributor: @mesnoy
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi