• FYI

    04 Agustus 2021

    Membanggakan, Ziza Siswa SMAN 1 Ciamis Raih Juara II Lomba Dongeng Tingkat Nasional


    Prestasi membanggakan diraih oleh siswa SMAN 1 Ciamis, Andi Azizah Zahira, yang berhasil menjadi Juara II Lomba Mendongeng Tingkat Nasional yang digelar oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional tahun 2021.

    Siswa Smansacis kelahiran Ciamis, 2 Agustus 2004, dari pasangan Andi Tenri Songe dan Dini Gantini, yang akrab dipanggil Ziza tersebut, membawakan dongeng tradisonal yang berjudul “Situ Bagendit”. Kisah legenda tersebut berkaitan dengan danau bernama sama, yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

    Kepada CIAMIS.info, Ziza mengaku sangat bahagia menerima gelar juara kedua tersebut. Terlebih, lomba ini merupakan ajang bergengsi di tingkat nasional.

    “Senaaang banget,” tuturnya.


    Ziza mengaku mulai menyukai dongeng sejak usia sekolah dasar. Alumnus SDN 3 Ciamis dan SMPN 1 Ciamis yang bercita-cita melalnjutkan pendidikan ke Fakultas Kedokteran tersebut mengungkapkan bahwa dongeng bisa menjadi sarananya untuk mengembangkan kreativitas. Aktivitasnya tersebut tak terhenti meski kondisi saat ini sedang terganggu oleh adanya pandemi COVID-19.

    “Di masa pandemi ini tetap salurkan kreativitas melalui dongeng dan prestasi yang membanggakan,” ucapnya antusias. Ziza memandang masa sekolah adalah saat terbaik untuk mengeksplorasi kemampuan diri.


    Ia mengaku sudah cukup sering berpartisipasi dalam berbagai lomba, dan akan mengikuti lagi di masa mendatang. Lomba di masa pandemi diakuinya menuntut persiapan dan kreativitas yang lebih maksimal lagi.

    “Karena lombanya secara online dan menggunakan video, jadi lebih sulit dan harus lebih kreatif. Sebelum lomba ini ada proses menghapal naskah, latihan vokal, penjiwaan dan intonasi di bawah bimbingan Bu Endah, Bu Risa dan Kang Didon,” ungkapnya.

    Ziza mengajak kaum muda Tatar Galuh Ciamis untuk terus bersemangat berkarya dan berprestasi.

    “Tetap semangat dan jangan putus kreativitas di era pandemi ini, ayo terus berkarya,” ajaknya.

    Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Ciamis, Drs. H. Solihin, M.Pd., sebagaimana dilansir @disdik.jabar, mengungkapkan bahwa keberhasilan yang membanggakan ini selain ditunjang oleh bakat yang dimiliki siswa, tak terlepas pula dari peran pembinaan yang dilakukan pihak sekolah.

    "Semua bakat dan potensi siswa kita kembangkan melalui ekstrakurikuler," ungkapnya.

    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi