• FYI

    08 Agustus 2021

    Evakuasi Kucing yang Jatuh ke dalam Sumur, Pemadam Kebakaran Ciamis Tuai Pujian


    Petugas Damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Ciamis akhirnya berhasil menyelamatkan seekor kucing yang terjatuh ke dalam sumur di sebuah rumah di RT 003 RW 002 Lingkungan Desa Kolot, Kelurahan Linggasari, Ciamis.

    Penyelamatan atas nasib kucing nahas tersebut dilakukan pada hari Sabtu (7/8/2021) pukul 05.30 WIB, untuk menghindarkan kucing tersebut dari kematian akibat basah kedinginan dan tenggelam karena kelelahan.

    Sebelumnya, pemilik rumah yang bernama Nani Nurjanah (46) melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Pemadam Kebakaran Ciamis. Awalnya, ia melihat seekor kucing sedang bermain kejar-kejaran dengan kucing lainnya pada selepas waktu subuh. Salah satu di antara kucing-kucing yang berlarian ternyata terperosok masuk, dan jatuh ke dalam sumur berdiameter 1,2 meter dan berkedalaman lebih kurang 8 meter.

    Khawatir kucing itu mati tenggelam, ibu rumah tangga tersebut kemudian segera melapor ke Kantor Pemadam kebakaran Kabupaten Ciamis. Ia meminta bantuan untuk mengevakuasi kucing nahas tersebut.

    Sigap memenuhi panggilan, tak kurang dari lima petugas piket dari Mako Damkar turut terlibat dalam melakukan penyelamatan. Bantuan evakuasi ini datang menggunakan 1 unit kendaraan pancar bernopol Z 9921 V ke lokasi. Proses pengambilan kucing dilakukan dengan menggunakan tali khusus dan salah seorang personel damkar terpaksa harus turun ke dalam sumur. Proses evakuasi kucing berjenis persia medium itu tersebut berjalan dengan aman, lancar, dan selamat.

    Video proses penyelamatan kucing tersebut sempat diposting oleh CIAMIS.info dan memperoleh tanggapan positif dari warga dunia maya. Umumnya warganet mengapresiasi, memuji, dan berterima kasih atas evakuasi tersebut. Bagi para pecinta kucing, evakuasi hewan malang tersebut bahkan menerbitkan kebanggaan pada keberadaan Damkar Ciamis.

    Warganet @2annisaafghanie misalnya, menyatakan, “Salam dari pecinta kucing dan sangat bangga sama petugas Damkar Ciamis. Hatur nuhun.”

    Sementara itu, warganet lainnya @wawican memuji, “Damkar Ciamis keren, bangga memilikimu warga Ciamis.”

    Apresiasi juga disampaikan @rezivi_e yang menulis komentar, “Keren … seperti di luar negeri, penyelamatan terhadap hewan. Bravo Damkar Ciamis.”

    Bayu, salah seorang petugas yang terlibat dalam evakuasi kucing tersebut, mengungkapkan harapannya agar masyarakat semakin mengetahui bahwa di antara pelayanan yang diberikan oleh Pemadam Kebakaran Ciamis, selain memadamkan kebakaran, yaitu penyelamatan hewan dan evakuasi atau bantuan pertolongan lainnya.

    Pemadam Kebakaran Ciamis dapat dihubungi melalui nomor telepon 0265-772993 (UPT Damkar Ciamis), 0265-2666985 (WMK Banjarsari), 0265-7513578 (WMK Kawali) dan 0852-2129-9190 (WMK Rancah).

    Sumber: Damkarkab Ciamis
    Foto/video: @bayusawir
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi