• FYI

    15 Agustus 2021

    Peringati Hari Pramuka ke-60, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis Ajak Kedepankan Keteladanan


    Upacara Hari Pramuka ke-60 tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis dilaksanakan pada hari Sabtu (14/8/2021), bertempat di halaman Sekretariat Kwarcab Ciamis, Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 134, Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

    Kegiatan upacara ini dihadiri langsung oleh Ketua Kwarcab Ciamis H. Nanang Permana, dan berlangsung tertib dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jumlah peserta upacara dibatasi, menyesuaikan dengan kondisi saat ini yang masih belum terlepas dari dampak pandemi Covid-19.

    Peserta upacara terdiri dari unsur-unsur Andalan Kwarcab Ciamis, Pelatih Pusdiklatcab Ciamis, DKC Ciamis, para pembina Gudep dan Pramuka Penegak Garuda Ciamis.

    Ketua Kwarcab Ciamis H. Nanang Permana, yang sekaligus merupakan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, dalam amanatnya sebagai pembina upacara mengajak setiap anggota pramuka untuk mengedepankan aspek keteladanan.

    “Memberi teladan kepada anggota muda jauh lebih penting daripada hanya sekadar memberinya perintah,” ucapnya.

    Ia juga mengajak kepada setiap anggota Gerakan Pramuka di Kabupaten Ciamis untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Disampaikannya, prokes sangat penting sebagai bagian dari ikhtiar untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.


    Pada kesempatan tersebut, Ketua Kwarcab H. Nanang Permana juga melakukan pengalungan lencana Pramuka Garuda kepada 32 orang Pramuka Penegak yang sebelumnya telah berhasil lulus dalam tahapan penilaian dan seleksi.

    Peringatan hari pramuka di Kabupaten Ciamis tahun 2021 ini diikuti dengan berbagai kegiatan secara terbatas. Secara umum, kegiatan-kegiatan tersebut tidak lepas dari upaya Gerakan Pramuka untuk ikut berperan dalam penanganan pandemi Covid-19.

    Kwartir Ranting Sukadana, misalnya, mengadakan pemberian 560 kg beras kepada 112 orang anggota pramuka yang kurang mampu di wilayah tersebut. Bantuan tersebut diharapkan dapat ikut meringankan keluarga yang terdampak oleh pandemi Covid-19 yang telah berlangsung berkepanjangan.

    Selain itu, masih dalam rangka Bulan Bakti Hari Pramuka ke-60, Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis bersama Tim Satgas Covid Kecamatan Rajadesa telah melaksanakan kegiatan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat, bertempat di pasar Rajadesa. Kegiatan ini juga diikuti dengan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat.

    Sumber: @kwarcabciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi