• FYI

    28 September 2021

    Sambut Mahasiswa KKN-T Unigal, Kades Sukamaju Harapkan Tambah Wawasan Pemdes dan Bawa Perubahan


    Kehadiran para mahasiswa peserta KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) dari Universitas Galuh Ciamis di Desa Sukamaju disambut dengan baik dan diharapkan akan menambah wawasan pemerintah desa tersebut, serta membawa perubahan dan perkembangan ke arah yang lebih baik dan lebih maju.

    Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Sukamaju Dede Engkuh saat menerima para peserta KKN-T Unigal tersebut pada hari Selasa (21/9/2021), bertempat di Balai Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis.

    Sebelumnya, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Galuh Ciamis H. Aan Anwar Sihabudin SH., S.IP, M.Si., yang juga merangkap sebagai Ketua Panitia KKN-Tematik Unigal Tahun 2021, melepas secara resmi 18 orang mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut.


    Kedelapan belas orang mahasiswa peserta KKN-T di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, berasal dari dua fakultas di lingkungan Unigal Ciamis, yakni Fakultas Ekonomi dan FISIP. Mereka merupakan bagian dari keseluruhan 36 orang mahasiswa Unigal yang telah terpilih dalam seleksi peserta KKN Tematik yang diselenggarakan sebelumnya.

    KKN Tematik Unigal Tahun 2021 sendiri dibagi ke dalam 2 kelompok yang ditempatkan di 2 desa, serta akan berlangsung selama kurang lebih 3 bulan lamanya. KKN Tematik merupakan bagian dari program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” yang ditetapkan oleh pemerintah.

    Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Galuh Ciamis H. Aan Anwar Sihabudin S.H., S.IP., M.Si., dalam sambutannya menuturkan KKN Tematik merupakan pengabdian mahasiswa dari Universitas Galuh Ciamis yang kegiatanya disesuaikan dengan program kerja masing-masing dan selaras dengan kebutuhan desa. Kegiatan KKN-T diharapkan akan mendukung desa dalam mengaplikasikan program Kemendes, yakni melaksanakan SID (Sistem Informasi Desa) dan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat).

    “Kita berharap Desa Sukamaju menjadi Desa Digital, yang artinya pemerintahan desa sudah mengikuti perkembangan Era Digitalisasi, di mana ditujukan untuk mempermudah kinerja pelayanan terhadap masyarakat, dan memudahkan akses ke semua lini,” tuturnya.


    Kegiatan pelepasan resmi dan penerimaan peserta KKN-T Unigal dihadiri oleh Dekan FISIP Unigal H. Aan Anwar Sihabudin S.H., S.IP, M.Si., Kepala Desa Sukamaju Dede Engkuh beserta perangkat desa lainnya, dan para mahasiswa KKN-T yang didampingi oleh para dosen pembimbing lapangan, yakni Ii Sujai, S.IP., M.Si. (Dosen FISIP Unigal), Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M. (Dosen Manajemen FE Unigal), dan Irfan Faris Rudiana, S.E., M.Ak. Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Tim Panitia KKN-T Unigal yang terdiri atas R. Rindu Garvera, S.IP., M.Si., Irfan Nursetiawan, S.IP., M.Pd., M.Si., dan Dini Yuliani, S.IP., M.Si.

    Ketua Kelompok KKN-Tematik Desa Sukamaju, Ari Naya, mengaku sangat terkesan dengan sambutan Kepala Desa Sukamaju atas kedatangan dan maksud baik dari mahasiswa KKN Tematik Universitas Galuh.

    "Kami berharap mahasiswa bisa memberikan dampak nyata untuk perubahan Desa Sukamaju yang memiliki potensi melimpah. Pastinya kita akan bekerja sama dengan pihak pemerintah desa dan masyarakat setempat," ungkapnya.

    Kontributor: Nay
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi