• FYI

    16 Oktober 2021

    Pernah Terhambat Gegara Peringkat, Atlet Hoki Indoor Ciamis Fajar Jaelani Nugraha Buktikan Raih Medali Emas untuk Jawa Barat


    Tak diragukan lagi, Kabupaten Ciamis memiliki banyak bibit olahragawan yang berbakat. Tak sedikit pula aset lokal yang telah berkiprah di level nasional. Keberadaan atlet asal Ciamis kini juga menjadi perhatian tersendiri dan menginspirasi kaum muda Tatar Galuh.

    Fajar Jaelani Nugraha, akrab dipanggil Acil, adalah salah satu nama yang sangat layak mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya. Atlet pituin asli Ciamis tersebut berhasil menunjukkan kemampuannya dan meraih medali emas bersama tim hoki indoor Jabar di event olahraga terbesar di tanah air, PON XX Papua, baru-baru ini.

    Pemuda kelahiran Ciamis, 27 Juni 1995 tersebut bukan hanya pada PON XX Papua tahun 2021 saja ikut berperan penting menyumbangkan emas untuk Provinsi Jabar, melainkan juga pada event sebelumnya, PON XIX Jawa Barat pada tahun 2016.


    Sebagai bagian dari tim hoki indoor Jawa Barat, pada PON XX Papua dirinya bahu membahu berjuang bersama para atlet lain, yaitu Alam F.K. (Kabupaten Bekasi), Candra J. P. (Kota Bandung), Zein H. (Kota Bandung), Prima R. Santoso (Kota Bandung), Revo P. (Kota Bandung), M. Alfiana (Kota Sukabumi), Lutfi (Kota Bandung), M. Riamdzi S. (Kota Bandung) dan Rizki Rudiansyah H. (Kabupaten Garut). Mereka selama dua tahun berada di bawah pembinaan pelatih Irwan Hermawan dan Dian Indriansyah, keduanya berasal dari Kota Bandung.

    Atlet yang merupakan alumnus SMA PLUS Informatika Ciamis ini, dan kemudian melanjutkan pendidikannya hingga meraih gelar S-1 di PJKR (Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi) FPOK UPI Bandung, mengaku sangat bersyukur dapat memberi sumbangsih terbaik untuk Jabar. Ia berharap generasi muda Ciamis tergerak dan mau ikut bergabung dengan olahraga hoki indoor.

    “Saya suka olahraga hoki indoor ini karena peluang untuk berprestasinya sangat tinggi,” ungkapnya.

    Namun demikian, imbuhnya, setiap atlet di dalam proses menuju pencapaian prestasi tentu saja pasti akan menghadapi terlebih dulu berbagai ujian dan hambatan. Ia sendiri mengaku melewati perjalanan yang cukup berat, baik dalam hal proses latihan maupun ketersediaan daya dukung sarana dan prasarana di daerah yang kurang memadai.

    Acil mengaku mulai mengenal hoki indoor melalui pelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) pada saat bersekolah di SMP Negeri 1 Baregbeg, Ciamis. Ia menyebut pernah mengalami suatu kejadian yang kemudian menjadi pemicu semangatnya untuk terus meraih prestasi. Kejadian tersebut, yakni ketika dirinya masih berada di fase awal menggeluti dunia olahraga tersebut.

    “Hanya satu hal yang menjadi motivasi saya hingga saat ini, yaitu ketika dulu merasakan begitu bahagianya dan bersemangatnya mengikuti babak kualifikasi Porda 2010, dan lolos, tetapi tidak diizinkan untuk berangkat oleh KONI Ciamis karena hanya menduduki posisi 4, sementara KONI Ciamis akan mengizinkan jika minimal ada di posisi 3,” ungkapnya.

    Ia tak patah arang karena kejadian tersebut, dan terus menempa kapasitas diri melalui latihan, dan latihan lagi. Selanjutnya, dirinya mulai fokus menjadi atlet olahraga tersebut sejak tahun 2014, ketika tim hoki indoor Kabupaten Ciamis melakukan persiapan menghadapi Porda Jabar di Bekasi.


    Ketika tim hoki indoor Kabupaten Ciamis akhirnya mampu meraih medali perunggu pada event tingkat provinsi tersebut, maka jalan untuk dirinya menjadi atlet di level yang lebih tinggi menjadi lebih terbuka.

    “Sejak itu, mulailah saya berkarir untuk nama Jawa Barat. Saya mendapat panggilan untuk pelatda, pelatnas dan alhamdulillah berlanjut sampai sekarang,” tutur Acil.

    Ia berharap olahraga hoki indoor akan lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat, sehingga sarana dan prasarananya lebih diperhatikan oleh pemerintah, terutama di daerah-daerah. Di Ciamis sendiri, ungkapnya, kondisi sekarang sudah lebih baik dibandingkan dulu, sehingga diharapkan animo kaum muda semakin meningkat untuk mengenal dan berkiprah melalui hoki indoor.

    “Sebelumnya, kita agak kesulitan dalam hal sarana, prasarana, dan minat atlet, tapi sejak kepengurusan FHI Ciamis dipimpin oleh Bapak Erwan Darmawan (Kadisbudpora Ciamis), hoki Ciamis mulai berjalan dengan baik,” ungkap Acil.

    Acil berharap kaum muda Ciamis semakin banyak yang berminat dan untuk mengenal dan menekuni olahraga hoki indoor.

    “Buat adik-adik yang mau berprestasi, boleh banget bergabung latihan hoki. Kalian tekun, prestasi pasti terukir,” ajaknya.

    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi