• FYI

    16 Oktober 2021

    Alhamdulillah, Kabar Baik, Aki Tofa sudah Dijemput oleh Keluarganya


    Setelah sempat menjadi perhatian warganet dan mendapat cukup banyak tanggapan, akhirnya Aki Tofa sudah berjumpa lagi dengan keluarganya. Lelaki lansia berusia sekitar 70 tahunan tersebut ternyata berasal dari wilayah Desa Bayasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis.

    Bertemunya keluarga dengan Aki (kakek) Tofa tak lepas dari respon cepat Pemkab Ciamis, melalui Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, dan dukungan berbagai pihak. Pihak keluarga menemui Aki Tofa di Puskesmas Kawali pada hari Jumat (15/10/2021) malam.

    Sebelumnya, di hari Jumat yang sama, sekitar pukul 18.00 WIB, berita tentang Aki Tofa dikirimkan oleh oleh Ayu Aisyah, seorang warga yang sedang melintas di wilayah Cipasang, Desa Purwasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Saat itu ia melihat sudah ada warga yang menemukan seorang lelaki sepuh yang tergeletak di pinggir jalan dengan kondisi memprihatinkan.

    Kepada CIAMIS.info, Ayu menyebut, ada kesaksian warga yang melihat kakek tersebut diturunkan secara paksa dari atas sepeda motor (disebut type supra), sehingga kondisi kaki Aki Tofa agak sakit dan tidak mampu berjalan sendiri. Ketika ditanya asalnya oleh warga, orang tua tersebut tampak kebingungan dan menyebut berasal dari Jakarta.

    Peristiwa tersebut segera menarik perhatian warga setempat, yang mulai berdatangan ke lokasi. Selanjutnya, atas inisiatif warga pula, Aki Tofa rencananya akan dibawa ke Bale Desa Purwasari untuk penanganan lebih lanjut.

    Namun, ternyata ada warga yang berbaik hati secara sukarela mengantarkan Aki Tofa ke Puskesmas Kawali. Lelaki nahas yang diduga sudah agak pikun tersebut kemudian mendapatkan penanganan lebih lanjut di puskesmas, sembari menunggu datangnya pihak keluarga.

    Kabar mengenai kondisi Aki Tofa (saat itu belum diketahui namanya), segera mendapatkan atensi warganet yang mengetahui via @ciamis.info. Seorang warganet dari Banjar bahkan bersedia datang ke lokasi jika belum ada penanganan yang memadai. Cukup banyak juga yang menyayangkan dugaan tindakan tidak baik yang sempat menimpa orang tua tersebut.

    Respon cepat dari Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, di bawah koordinasi Kabid Pemberdayaan Sosial Ilmayasa, S.STP., M.Si., dengan keterlibatan penuh anggota Satuan Bakti Pekerja Sosial Kabupaten Ciamis Rezky Reynaldy, S.Tr.Sos., segera membuahkan hasil. Aki Tofa kemudian dijemput keluarganya yang berasal dari Desa Bayasari, Kecamatan Jatinagara.

    “Terima kasih untuk Puskesmas Kawali, Satuan Bakti Peksos, TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Kawali serta semua pihak yang telah membantu,” tutur Ilmayasa.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi