• FYI

    03 Oktober 2021

    Twibbon HBN: Ekspresi Kebanggaan Orang Ciamis dalam Memakai Batik


    Baraya Ciamis, lebih baik nyatain daripada enggak sama sekali. Begitu kira-kira konsepnya, terkait peluncuran twibbon kali ini. CIAMIS.info meluncurkan bingkai bertema “Urang Ciamis Reueus Nganggo Batik” ini masih dalam suasana peringatan Hari Batik Nasional. Meski agak terlambat, twibbon ini pernyataan.

    Hari Sabtu, 2 Oktober 2021, rakyat Indonesia kembali memperingati Hari Batik Nasional. Penetapan tanggal ini sebagai Hari Batik Nasional didasarkan pada waktu ketika UNESCO menetapkan Batik sebagai salah satu Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity (warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi), yakni pada tanggal 2 Oktober 2009.

    Kini, 12 tahun sesudah hari bersejarah tersebut, peringatan Hari Batik Nasional kembali diadakan di tahun 2021, masih dalam suasana pandemi yang belum sepenuhnya usai. Jika saja ada, sepertinya motif ‘batik vaksinasi’ akan cocok untuk digaungkan. Motifnya seperti apa, biarlah para desainer yang mewujudkannya. Mungkin juga sudah ada, sebab ‘batik corona’ sudah ada, dan pemuda Tatar Galuh pula yang membuatnya.


    Bingkai yang dirilis ini awalnya dibuat dengan teks yang menunjukkan peringatan Hari Batik Nasional tahun ini. Namun, setelah dipertimbangkan, biarlah twibbon ini bisa digunakan untuk masa pakai yang lebih lama, atau kapan saja.

    Akhirnya, narasi yang dipakai adalah “Urang Ciamis Reueus Nganggo Batik” (Orang Ciamis Bangga Memakai Batik), yang menunjukkan tiga hal pokok: Ciamis, Kebanggaan, dan Batik.

    Silakan Akang Teteh yang berminat menggunakan twibbon ini dapat menyiapkan dulu foto andalan yang akan digunakan, lalu dapat membuka di tautan ini: Twibbon HBN.

    Anda dapat pula mengetuk tombol di bawah ini:

    Twibbon yang sudah Anda unduh dapat dibagikan di media sosial yang Anda miliki. Sekali lagi, lebih baik nyatain daripada enggak sama sekali, bukan? Hanya untuk yang berminat nyatain saja, tentunya.

    Selamat memperingati Hari Batik Nasional Tahun 2021. Semoga kebanggaan dan rasa syukur karena kita dianugerahi warisan budaya yang luar biasa ini mampu membangkitkan semangat dan kekuatan tekad untuk bangkit dan berjaya, setelah nyaris dua tahun ini dihantam dan dilemahkan oleh pandemi.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi